Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Bakung I Kota Makassar

Authors

  • Nurhayati Selvi Universitas Islam Makassar
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.320

Keywords:

Talking Stick., Learning Outcomes, IPA

Abstract

Abstrak: The Effect of  Applying the Talking Stick Type  Cooperative Learning  Model on Science Learning Outcomes of Grade V Students of SD Inpres Bakung I Makassar City. This study aims to determine  the application of  the talking stick type cooperative learning model, the difference in learning outcomes in science subjects, and the Talking Stick  learning  model to student learning outcomes in science subjects class V SD Inpres Bakung I Makassar City. The approach used in this study is quantitative  with an ex post facto  type of research with a questionnaire stage.  The population and sample of this study were grade V students of SD Inpres Bakung I Makassar City with a total of 19 students, sampling using  saturated sampling  techniques. The  results showed that (1) The Talking Stick  type cooperative learning model in science learning was carried out by distributing questionnaires. (2) The results of students' science learning after the implementation of the Talking Stick type cooperative learning model  showed an improvement. (3) TheTalking Stick  type cooperative learning model affects the science learning outcomes of grade V students of SD Inpres Bakung I Makassar City. This can be seen from the results of the t test analysis which proves that the calculated t value =  3.069 > ttable = 2.093 with a p-value of < 0.05.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Rulam 2014. Pengantar Pendidikan (Asas & Filsafat Pendidikan).Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ahmadi, L Khoiru. Dkk,. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bahri, Samsul. 2014. ‘Peningkatan Hasil Belajar Murid Kelas V dalam Mata Pelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Talking Stick di SD Inpres Galangan Kapal I Makassar’ .

Bakar, I. P. S. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DAYA I KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

Daryanto. dkk,. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Hidayat, Anwar. 2012. Statistikian, https://www.statistikian.com/2012/07/pearson-dan-asumsi-klasik.html. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2020

Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis) . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Isjoni. 2013. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lisdayanti, Ni Putu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti. Jurnal Mimbar, 4.

Jumrah, Abrina Maulidnawati. 2018. ‘Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Murid Kelas V SD Inpres Punranga Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru’ Algazali International Journal Of Educational Research. Vol. 1

Muhid, Abdul. 2012. Analisis Statistik. Cetakan ke-1. Zifatama. Sidoarjo

Priyanto, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Seregar, Suriani. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Peserta Didik pada Konsep Sistem Indra kelas XI SMA Negeri 1 Putri Betung”. Jurnal FKIP universitas gunung leuser. vol.3 no.2.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarmanto, R. Gunawan . 2013. Statistik Terapan Berbasis Komputer dengan Program IBM SPSS Statistics 19. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sudjana, Nana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus 2016. Cooperative Learning . Yogyakarta: Puastaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia.

Taniredja, Tukiran. dkk,. 2017. Model-Model Pembelajaran inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Permata

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Nurhayati Selvi, & Nur Afni. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Bakung I Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.320