Meningkatkan Karakter Anak Melalui Pendekatan Saintifik di RA Al Ikhlas Kabupaten Barru.

Andi Rezky Nurhidayah, Riskal Fitri

Abstract


Abstrak: Meningkatkan Karakter Anak Melalui Pendekatan Saintifik di RA Al Ikhlas Kabupaten Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta meningkatkan karakter anak melalui pendekatan saintifik di RA Al Ikhlas Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik RA Al Ikhlas Kabupaten Barru dengan peserta didik sebanyak 22 orang yang terdiri atas 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini dilihat dari aktivitas anak secara keseluruhan pada setiap siklus telah meningkat dan menunjukkan tingkat karakter anak RA Al Ikhlas Kabupaten Barru secara keseluruhan mencapai penguasaan 85% dengan nilai setiap subjek penelitian memperoleh nilai paling rendah 61. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan setelah menerapkan pendekatan saintifik, maka diperoleh informasi bahwa pada siklus I peserta didik yang tuntas karakternya hanya 13 orang peserta didik atau 59,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 20 orang peserta didik atau 85%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan karakter peserta didik RA Al Ikhlas Kabupaten Barru.

Kata kunci: karakter anak, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Alwisol. 2006. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM.

Azzet, Akhmad, M. 2014. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Darmiyati Zuchdi. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Yogyakarta: UNY Press

Dirjen PAUDNI Kemdiknas. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD Kemdiknas

Faiq, Atsnan, M. dan Rahmita, Y. G. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Jurnal. (Diakses pada tanggal 28 September 2018).

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iswantiningtyas, Veny dan Wulansari, Widi. 2018. Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 12 Edisi 2 November 2018. On line di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/8626/6157. Diakses tanggal 21 April 2019

Kemendikbud. 2013. Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013, Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Kemdikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Kurinasih, Imas dan Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Rahelly, Yetty 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 12 Edisi 2 November 2018. ISSN: p- ISSN (Media Cetak): 1693-1602. e-ISSN (Media Online): 2503-0566. On Line di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/9319/6252. Diakses tanggal 21 April 2019

Samani dan Hariyanto, M. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutarto Hp, A. Jaedun, dan Nuryadin E.R. 2017. Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2017, TH. XXXVI, NO. 1 On Line di https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf. Diakses tanggal 21 April 2019

Suharsini dan Arikunto. 2010. Panduan penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Yuliani, N. S. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks




DOI: https://doi.org/10.24567/aijer.v2i1.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Makassar

email:

aijer@uim-makassar.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Algazali International Journal of Educational Research Indexed by:


GARUDA

GOOGLE SCHOOLAR


 Creative Commons License
Algazali International Journal of Educational Research is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats