Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Karakter Anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Nasaruddin R, Sadaruddin Sadaruddin

Abstract


Abstrak. Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Karakter Anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakter anak usia dini serta mengetahui efektivitas metode bercerita dalam meningkatkan karakter anak usia dini di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Hipotesis penelitian ini adalah metode bercerita efektif dalam meningkatkan karakter anak di TK Mawar Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah weak experimental dengan desain one-sho-tcase-study. Sasaran penelitian adalah anak umur 5-6 tahun atau kelompok B.1 di TK Mawar Kabupaten Gowa berjumlah 13 orang anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk memaparkan peningkatan karakter anak umur 5-6 tahun. Hasil analisis data membuktikan bahwa metode bercerita efektif dalam meningkatkan karakter anak, diperoleh nilai Sig. (2-tailed)<  0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya metode bercerita efektif dalam meningkatkan karakter anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Kota Makassar.

Kata Kunci: pendidikan karakter, metode bercerita


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Dhieni, N. dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas terbuka.

E Setiawati, A Ulfah. 2018. Meningkatkan Perkembangan Berbicara Anak Melalui Bercerita Menggunakan Flannel Boards. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Diterbitkan atas kerjasama Program Studi PGPAUD UPI Kampus Cibiru dan APG PAUD Indonesia. Vol 9, No 2 Tahun 2018. On Line di http://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/13439. Diakses tanggal 22 April 2019

Fadlillah, M. 2014. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Hapidin, dan Yenina. 2016. Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Vol 10 No 2 (2016): JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 10 Nomor 2 November 2016. On Line di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/133/90. Diakses tanggal 22 April 2019

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

J Alfin, Z Rosyidi, Habdillah. 2018. Pengembangan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Umur 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Televisi Bergambar. Jurnal pendidikan anak usia dini (JPUD) is published twice a year in April and November, containing research articles in the field of Early Childhood Education. p- ISSN (Print Media): 1693-1602 e-ISSN (Online Media): 2503-0566. Volume 12 Edisi 2 November 2018. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/5723/6148. Diakses tanggal 22 April 2019

Latif. M. Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak–Kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

N Purwasi, M S Yuliariatiningsih. 2016. Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri. Vol 7, No 2 (2016). Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Diterbitkan atas kerjasama Program Studi PGPAUD UPI Kampus Cibiru dan APG PAUD Indonesia. On Line d. http://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10531. Diakses tanggal 22 April 2019

Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Grafindo Litera Media

R N Pratama, Y Abidin, M H Ismail. 2016. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Us/a D/ni melalui Metode Bercer/ta Menggunakan Media Pop-Up Book. Vol 7, No 2 (2016). Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Diterbitkan atas kerjasama Program Studi PGPAUD UPI Kampus Cibiru dan APG PAUD Indonesia. On line di http://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10532. Diakses tanggal 22 April 2019

R. Sri Martini Meilanie. 2017. Pengembangan Model Pembentukan Karakter Untuk Kemandirian, Disiplin Dan Kejujuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/4902/3617. Diakses tanggal 22 April 2019

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga

Wahyuni, Sri, dkk. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama

Winda Gunarti, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakartas: Universitas Terbuka

W Wuryandani, Fathurrohman, dan U Ambarwati. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Cakrawala pendidikan edisi juni 2016, TH. XXXV, NO. 2. Printed ISSN (p-ISSN): 0216-1370. Online ISSN (e-ISSN): 2442-8620. On Line di https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9882/pdf. Diakses tanggal 21 April 2019.




DOI: https://doi.org/10.24567/aijer.v2i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Makassar

email:

aijer@uim-makassar.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Algazali International Journal of Educational Research Indexed by:


GARUDA

GOOGLE SCHOOLAR


 Creative Commons License
Algazali International Journal of Educational Research is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats