PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN MEMBACA SUKU KATA PADA SISWA KELAS I SD INPRES BTN IKIP I KOTA MAKASSAR

Rahma Ashari Hamzah

Sari


Abstract: Improvement of Beginning Reading Skills Through Syllabary Reading Method For Class I Students of SD Inpres BTN IKIP I Makassar City. This study aims to improve the beginning of reading skills through the method of reading syllables for first grade students of SD Inpres BTN IKIP I Makassar City. This type of research uses a type of classroom action research consisting of two cycles and each cycle consists of four stages namely planning, implementing, observing, and reflecting. The results showed that the application of the syllable reading play method could improve the beginning reading skills, could improve the beginning reading skills of the first grade students of SD Inpres BTN IKIP I Makassar City.
Keywords: Beginning Reading, Playing Method


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amzah, 2008. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Nepa Mekar Kec. Lakudo Kab. Buton. Skripsi. Wampone: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, Suharsimi & Cepi Safruddin A. J. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto,S. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara .

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdiknas

Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Hajar. 2011. Simulasi Kreatif Bahasa Indonesia Lintas Kurikulum. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru:Penelitian Tindakan Kelas. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Umar Alimin. 2007. Statistik. Makassar: FIP Universitas Negeri Makassar.

Uno, Hamsah B. dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuchdi, Darmiyati, dkk. 1996/1997. Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.24567/aijer.v2i2.480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.