PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS KASIH KOTA MAKASSAR

Endang Ruswiyani

Abstract


This study aims to improve the ability to recognize the concept of numbers through number playing cards for Group B children at TK Tunas Kasih Makassar. The type of research used is Classroom Action Research conducted collaboratively between researchers and classroom teachers. The technique of collecting data through observation and documentation. The instrument used is the observation sheet (check list). Data analysis techniques were carried out in qualitative and quantitative descriptive. The results of the study showed that there was an increase in the ability to recognize the concept of numbers after learning through the activity of playing cards. The percentage in cycle I is the child who develops according to expectations, there are 7 children (63.64%) while in silus II has achieved the success indicator, namely children who develop according to expectations there are 4 children (27.27%), while children who develop very well (BSB) there are 7 children (54.55%).

Keywords: Concept of Numbers, Number Card Games.


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Laksana

Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendera Pendidikan Tinggi.

Dali S. Naga. (1980). Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Desmita.(2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Harun Rasyid, Mansyur, dan Suratno. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : GP Press

Kamtini & Husni Wardi Tanjung. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. (2010).

Kayvan, Umy. 2009. Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta : Media Kita.

Made Mertha Ningsih Wedawati, 2017. Observasi I & II. Selasa, 18 April, jam 08.00 – 11.00 (Makassar. PAUD Tunas Kasih), h. 40

M. Ramli. (2005). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Nining Sriningsih. (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurani, Yuliani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.

Riduawan.(2007). Human Development Perkembangan Manusia Edisi 10. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Slamet Suyanto. (2005). Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sofia Hartati. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sudaryanti. (2006). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sugiyono. (2010). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tadkiroatun Musfiroh. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tadkirotun, Mudfiroh. 2012. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangeran : Universitas Terbuka

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Tim PKP PG PAUD. 2008. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani IGAK, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Wina Sanjaya. (2009: 86). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.