MENGGUGAT EKSISTENSI PENJUALAN BARANG MELALUI INFOMERCIAL (Perlindungan Hukum Bagi Konsumen)

Eman Sulaiman

Sari


This paper discusses the lawsuit against the sale of goods through infomercials with a review of the protection of rights for consumers. Infomercials with types of transactions in the eyes of consumers send money worth the price of goods plus shipping costs to sellers that have been advertised in the media. In this case, the buyer is in a helpless position. The type and quality of goods received by consumers is often not in accordance with advertising in the media. Therefore, the media not only profit from the infomercials, but also must be responsible for the truth of the advertisements.

Tulisan ini membahas tentang gugatan terhadap penjualan barang melalui infomersial dengan tinjauan perlindungan hak bagi konsumen. Infomercial dengan jenis transaksi dimata konsumen mengirim uang senilai harga barang di tambah ongkos kirim kepada penjual yang telah di iklankan di media. Pada kasus ini, pembeli berada pada posisi tidak berdaya. Jenis maupun kualitas barang yang diterima oleh konsumen sering tidak sesuai dengan iklan di media. Oleh karena itu, pihak media tidak hanya mengeruk keuntungan dari penayangan infomercial, tetapi juga harus bertanggung jawab terhadap kebenaran iklan tersebut.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Az. Nasution, 1995, Konsumen dan Hukum, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Subakti,1984, Hukum Perjanjian, Jakarta: PT Intermasa.

Sudaryanto, 1996, Masalah Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.