PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 9 BUJUNG TANGAYA KABUPATEN PANGKEP

Mukhtar Mukhtar

Sari


Pelaksanaan penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, hal ini menjadikan aktifitas pembelajaran menjadi jenuh dan terkesan melelahkan. Penggunaan metode dan strategi yang kurang bervariasi menjadikan peserta didik merasa jenuh dalam belajar. Penggunaan metode card sort diharpkan mampu menumbuhkan minta dan mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada pelaksanaan siklus I menunjukan rata-rata nilai 71. Hasil belajar peserta didik pada siklus I terdapat 21% peserta didik mendapatkan kategori rendah. Sedangkan 21% peserta didik mendapat nilai sedang, 52% mendapat nilai tinggi, dan terdapat 11% peserta didik mendapat nilai dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan hasil yang dicapai sebanyak 7 orang peserta didik (37%) mendapatkan kategori tinggi sedangkan 12 orang peserta didik (63%) mendapat nilai dengan kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 88, dan indikator keberhasilan yang dicapai adalah 95 %.

Kata Kunci


Metode Card Sort, Peningkatan Minat Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.