KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SISTEM PEMBELAJARAN YANG MENGHIDUPKAN DI MADRASAH ALIYAH SATU ATAP DDI MAJJELLING WATTANG SIDRAP

Henni Sukmawati

Sari


Abstract:

The pleasant concept of education is that education is organized in an integrative manner to address the problems faced by human beings. Fazhur Rahman strives to integrate the sciences learned in the traditional education system and those learned in the modern education system in an organized and comprehensive manner, if the systematics is in the first place, the purpose of education is 1) to develop human beings/in such a way that all the knowledge he acquires will become a 2) to save human beings on their own and by themselves and 3) to give birth to scientists who integrate religious sciences and modern sciences, which are characterized by a critical and creative nature that can produce diverse discoveries for human beings. This is in line with the application of the visionary learning system in the madrasah which is inseparable from inculcating the character of Pancasila in the framework of Islamic moral values to the development of knowledge derived from the Qur'an and sunnah as well as the development of knowledge and technology.

Abstrak:

Konsep Pendidikan yang menhidupkan yaitu Pendidikan diselenggarakansecara integrative untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi umat manusia. Fazhur Rahman berusaha mengintegrasikan ilmu-ilmu yang dipelajari pada sistem Pendidikan tradisional dan  yang dipelajari pada sistem pendidikan modern secara organis dan menyeluruh, jika sistematisasikan kedalam empat unsur utama, tujuan pendidikannya 1) untuk  mengembangkan manusia sedemikian rupa sehingga semua pengetahuan yang diperolehnya akan menjadi organ pada keseluruhan pribadi yang kuratif, yang memungkinkan manusia untuk memanfaatkan sumber-sumber alam untuk kebaikan umat manusia. 2) untuk menyelamatkan manusia dari diri sendiri dan oleh diri sendiri dan 3) melahirkan ilmuwan yang padanya terintegrasi ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu modern, yang ditandai oleh sifat kritis dan kreatif yang dapat menghasilkan temuan-temuan yang beragama bagi umat manusia. Hal ini sejalan dengan penerapan sistem pembelajaran pada visi misi di madrasah yang tidak lepas dari menanamkan karakter Pancasila di bingkei nilai-nilai akhlak islam sampai kepada pengembangan ilmu pengetahuan yang bersumber pada al-qur’an dan sunnah serta pengembangan ilmu dan teknologi.

Kata Kunci


pembelajaran yang menghidupkan.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.