PENGEMBANGAN PRODUK KOPI BISANG BERBASIS METODE SWOT ANALISIS DAN MARKETING MIX

Ahmad Hanafie, Rizal Syarifuddin, Kasmarullah Kasmarullah

Abstract


Kopi merupakan komoditi perkebunan yang masuk dalam kategori komoditi strategis di Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses produksi dan perkembangan pemasaran kopi bisang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berbasis metode SWOT Analisis dan Marketing Mix. Langkah selanjutnya setelah proses identifikasi adalah penilaian masing-masing titik kajian. Berdasrkan penelitian, diketahui proses produksi dan pengembangan pemasaran produk kopi bisang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pembagian kuesioner. Hasil penelitian yang di dapat adalah Angka konstan dari unstand coefficient. Dalam kasus ini nilai sebesar 3.085. Angka ini merupakan angka constant yang mempunyai arti bahwa jika tidak ada proses produksi (X) maka nilai konsisten pengembangan produk (Y) sebesar 0,21. Angka koefesien regresi sebesar. Nilainya sebesar 0,21. Angka ini mengandung arti setiap penambahan 1% tingkat proses produksi (x), maka kinerja pengembangan produk (Y) akan meningkat sebesar 0,21. Karena nilai koefesien regresi bernilai 0,21 maka demikian dapat dikatakan maka X berpengaruh positif terhadap kinerja Y. sehingga dapat disimpukan bahwa persamaan regresinya pengembangan produk (Y) 3.085 + 0,21. Hasil perhitungan proses produksi kopi bisang mengalami peningkatan 81,8% masuk dalam kategori cukup baik dan perkembangan kopi bisang memiliki harapan baik dan cerah kedepanya sebab memiliki cakupan lahan usaha tani yang luas untuk pengembangan serta dukungan dukungasn umur petani masih produktif dan perkembangan kopi dengan mengunakan marketing mix dan swot analisis pada perusahan mengalami pengembangan pemasaran sebanyak 1% dengan menerapkan strategi yang telah disusun berdasarkan analisis faktor internal dan
eksternal.


Keywords


Kopi; Bisang; SWOT; Marketing Mix

Full Text:

PDF

References


AEKI. (2015). Statistik Kopi 1993 & 1994. Jakarta: asosiasi ekspor kopi indonesia.

Anoragama. (2002). koperasi dan usaha kecil. jakarta: rineka cipta.

Arsayadi, A. (2017). strategi pengembangan usaha pengolahan kopi arabika studi kasus: usaha “kampung kupi gayo”, kabupaten aceh tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah volume 2,

-10.

Hariman. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, harga, Promosi, dan tempat

pendistribusian terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha pada perusahaan CV. TJAHAJA Baru Bukit Tinggi. Jurnal Of Economy Businness and accounting (costing 1 ) , 68-82.

Indrayani. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Efektif Peminatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Semarang. Journal Of Education Research And Evolution 6, 39-45.

Kurniawan. (2016). Pengaruh Pengembangan Produk dan Pengendalian Kualitas Terhadap Kinerja (survey) pada PT. Multipilar Balantika Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Islam 2, 1-9.

Suyanto. (2008). manajemen strategi. yogyakarta: CV Andi Offset.

Syafaruddin. (2007). "bisang" in Pertemuan ilmiah evaluasi penelitian. bogor: puslitbang perkebunan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.