MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION
Abstract
Pembelajaran yang berkualitas bergantung pada metode pembelajaran yang digunakan oleh Dosen dalam mentransfer ilmu, oleh karena itu metode kooperatif menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang diteliti dalam mengukur kreativitas mahasiswa. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan kreativitas mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe Student Teams Achievement Division dengan pembelajaran biasa. Metode ini diterapkan pada mahasiswa Universitas Islam Makassar Tahun ajaran 2019/2020. Kelas VII A sebagai kelas yang tidak diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VII B sebagai kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Division STAD. Tahap awal pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji realibilitas dan validitas. Data analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil yang signifikan antara yang menggunakan metode STAD dengan yang tidak menggunakan metode tersebut. Penelitian menyimpulkan bahwa kreativitas mahasiswa yang menggunakan metode STAD lebih baik dibanding yang tidak menggunakan tipe STAD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Sulfemi, & Bagja, W. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual.
Esminarto, E., & dkk. (2018). Metode Role Playing berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam meningkatkan Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 41-46.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR Ruzz Media.
Muti'ah, & Jumali. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran (2016/2017). Tangerang Selatan: Repositori Universitas Terbuka.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Raja Grafindo.
Said, A., & Budimanjaya, A. (2015). Strategi Mengajar Multiple Intelligences . Jakarta: Prenadamedia.
Sapriya. (2015). Pendidikan IPS. Bandung: Rosdakarya.
Sulfemi, W. B., & Nurhasanah, &. (2018). Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam, 151-158.
Suryanto, A. (2016). Evaluasi Pembelajaran di SD Tangerang Selatan. Tangerang Selatan: Repositori Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.47398/iltek.v15i2.526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ILTEK : Jurnal Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Terindeks di :