PENERAPAN METODE ELEMEN HINGGA UNTUK DESAIN DAN ANALISIS PEMBEBANAN RANGKA CHASSIS MOBIL MODEL TUBULAR SPACE FRAME
Abstract
Metode Elemen Hingga (MEH) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendesain dan menganalisis kekuatan rangka chassis mobil. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain rangka serta melakukan assessment pada desain tersebut. Dalam penelitian ini, MEH diterapkan melalui proses komputasi dengan bantuan Autodesk Inventor untuk mendesain rangka dan Autodesk Robot Structural Analysis untuk melakukan assessment. Material pipa logam yang digunakan berspesifikasi Steel AISI 1020 107 HR dan jenis rangka yang dipilih adalah model tubular space frame. Asumsi dimensi rangka mengambil contoh dari desain BMW i3 yang merupakan mobil listrik 4 penumpang. Beban yang diberikan berupa beban statis yang terdiri atas beban penumpang, beban kursi penumpang, beban baterai, dan beban motor listrik. Pada hasil desain, rangka terdiri atas 134 elemen dan 107 node dengan ukuran 2 in. x 0.154 in. pada dasar rangka dan 1.5 in. x 0.145 in. pada keseluruhan sisanya. Perpindahan maksimal terletak pada node 175 dengan nilai 1,3164 mm. Besar dan posisi gaya maksimal untuk tiap sumbu rangka adalah Fx: 1985,126 N (node 225), Fy: 959,480 N (node 14), dan Fz: 935,914 N (node 34). Tegangan maksimal terletak pada node 129 dengan nilai 35,443 MPa. Regangan maksimal terletak pada bar 70 dengan nilai 0,00450474. Dapat disimpulkan bahwa desain rangka mampu menahan beban yang diberikan dan tidak mengalami kerusakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Hammada. (1998). Penerapan Metode Elemen Hingga untuk Menganalisis Struktur Rangka Menara. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Hasanuddin
BMW. (2018). Technical Spesifications BMW i3 (120 Ah). BMW Media Information
CarlosGertz, Luiz et al. (2014). Chassis Design for Electric Car Prototype. SAE International 2014-36-0215
Fazidah, S., Nor Azrin, N. A., & Zulkarnain, A. L. (2014). Stress and modal analysis assessment of race cars chassis structure. Applied Mechanics and Materials, 663, 103–107. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.663.103
Isworo, Hajar dan Ansyah, P. R. (2018). Metode Elemen Hingga. Samarinda: Universitas Lambung Mangkurat
Khannukar, K., Kallannavar, V., & Manjunath, B. S. (2015). Dynamic Analysis of Automotive Chassis Using Fea. International Research Journal of Engineering and Technology, 2165–2170. www.irjet.net
Latha, K. E. M., & Shankar, H. (2017). Static and Dynamic Analysis of A Car Chassis Using FEA. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology (An ISO, 6(8), 16421–16431. https://doi.org/10.15680/IJIRSET.2017.0608191
Mat, M. H., & Ghani, A. R. A. (2012). Design and analysis of “eco” car chassis. Procedia Engineering, 41(Iris), 1756–1760. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2012.07.379
Nguyen, T. Q. (2019). Finite Element Analysis in Automobile Chassis Design. Applied Mechanics and Materials, 889(March), 461–468. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/amm.889.461
Sadikin, A. (2013). Perancangan Rangka Chasis Mobil Listrik Untuk 4 Penumpang Menggunakan Software 3D Siemens Nx8.
Santa Rao, K., Musalaiah, G., & Mohana Krishna Chowdary, K. (2016). Finite element analysis of a four wheeler automobile car chassis. Indian Journal of Science and Technology, 9(2), 2–6. https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i2/83339
Tsirogiannis, E. C., Stavroulakis, G. E., & Makridis, S. S. (2019). Electric car chassis for Shell Eco Marathon competition: Design, modelling and finite element analysis. World Electric Vehicle Journal, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.3390/wevj10010008
DOI: https://doi.org/10.47398/iltek.v15i2.527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ILTEK : Jurnal Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Terindeks di :