Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Usaha Bisnis “Laundry”

Mochtar Luthfi, Fatmia Haspita B, Fatmia Haspita B

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan usaha Salsa Laundry terhadap konsumen dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan faktor-faktor pendukung usaha Salsa Laundry. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan langsung dilapangan, mengambil data dan wawancara terhadap informan sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, metode penelitian ini berusaha menggambarkan dan menginterprestasi objek sesuai apa adanya atau hasil penelitian yang mendeskripsikan objek secara ilmiah, faktual dan sistematis. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah, analisis kualitas pelayanan terhadap usaha bisnis laundry yaitu kualitas pelayanan (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Hal ini memudahkan usaha dalam bidang jasa layanan cuci-setrika (laundry) dalam menjalankan usaha tersebut untuk berkembangnya suatu usaha bisnis laundry.


Full Text:

PDF

References


Abdul Manan. 1997. Teori dan Praktek Islam,Yogyakarta: PT. Amanah Bunda Sejahtera

Bambang Sutiyoso., 2006, Metode Penemuan Hukum,UII Press, Yogyakarta.

Cronin, J.Joseph Jr dan Steven Taylor,(1992),Measuring Service Quality : Reexamination and Extension, Journal of Marketing.

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Pemasaran Dasar-Dasar:Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: PT. Sygma Examedia Arkanleema

David Chun.2009. Mandi Uang Bisnis Laundry Kiloan, Yogyakarta: Bela Siasat

Dodds, William, B., Kent, B, Monroe, and Dhruv Grewal., 1991, Effects of Price, Brand, and Store Information on Buyers Product Evaluations, Journal of Marketing Research, Vol. 28, pp. 307-19.

Erick Namara. 2007. 101 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan, Yogyakarta: Media

Fandy Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi

Fandy Tjiptono,2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, (2005), Manajemen Kualitas Jasa, Yogyakarta. ANDI

Freddy Rangkuti, 2003, Measuring Customer Satisfaction, cetakan kedua, Jakarta; Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama

Hisrich,R.D.,Peters,M.P.,danShepherdD.A.2008 Kewirausahaan Edisi 7 Edisi Bahasa Indonesia.Jakarta: Salemba Empat

Hurlock, E. B. (1991). (a.b Istiwidayanti & Soedjarwo). Psikologi Perkembangan suatu Pendidikan Sepanjang Rentang Kehidupan. (edisi kelima). Jakarta: Erlangga

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Keduabelas, Cetakan Ketiga. Penerbit Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasasaran : Pendekatan Praktis. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Munir Fuady, 1996. Hukum Bisnis Dalam Teori dan Praktek, Buku Ketiga, Bandung : CitraAditya Bakti,

Munir Fuady, Pasar Modal Modern (Tinjauan Hukum), cetakan 1, Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 1996

Agoeng Widyatmoko. 2009. Peluang Usaha Untuk Anak Muda, Jakarta: Media Kita,

Suryana, 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Prosess Menuju Sukses,Jakarta:Salemba Empat

Staw, B.M. (ed). 1991. Psychological Foundation of Organizational Behaviour. Illinois: Scott, Foreseman and Company.

Undang–undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Zeithaml, Parasuraman. 2009. Service Quality : A Conceptual Framework For Understanding e-implication for Future Research and Managerial Practice: Msi Monograph New York.

Zimmerer, TW dan Scarborough, NM, 1998, Essential of Entrepreneur and Small Business Management 2th . Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JBAS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JBAS

 Jurnal ini di indeks di: