Proses Pengelolaan Limbah Marmer Menjadi Produk Paving Block

Andi Haslindah, Ilham Idrus, Try Agung Basuki, Sultan Saiful

Abstract


Kabupaten Pangkep merupakan salah satu daerah penghasil marmer di Indonesia, pada proses penambangannya marmer digunakan untuk kebutuhan furniture  dan lain sebagainya sehingga pada prosesnya menghasilkan limbah. Pemanfaatan limbah potongan marmer dapat meminimalisir jumlah tumpukan limbah yang dapat mencemari kesuburan tanah dan lingkungan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pembuatan produk paving block dan hasil uji kuat tekan dengan memanfaatkan limbah marmer. Dengan menggunakan rumus uji kuat tekan untuk mengetahui nilai MPanya apakah produk memenuhi standar SNI 03-0691-1996 pada uji kuat tekannya. Hasil dari penelitian ini Paving block yang memanfaatkan limbah marmer dari bentuk fisiknya mempunyai tampilan yang lebih menarik dengan adanya tambahan aksen marmer pada permukaannya dan juga sebagai tulangan, dalam proses pengujian ini paving yang memanfaatkan limbah memiliki nilai tertingginya 30,36 MPa masuk dalam standar SNI 03-0691-1996 mutu B. Kesimpulannya pemanfaatan limbah marmer menjadi produk paving block memiliki pengaruh besar terhadap hasil penguji kuat tekannya dikarenakan limbah marmer yang diletakan pada paving menjadi tulangan, sehingga produk paving block memiliki nilai uji kuat tekan yang tinggi yang dapat digunakan baik, ditaman, trotoar, maupun digarasi kendaraan pribadi.

Kata Kunci : Limbah, Marmer, Paving Block. 

Full Text:

PDF

References


Asril Riyanto, 2002, Batu Pualam (Marmer), Bahan Galian Industri, Direktorat Jenderal Pertambangan Umum, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral, B.30.94.

Ermitha Ambun Rombe Dendo dan Harni Eiren Tarru, 2017, Pemanfaatan Limbah Marmer Sebagai Bahan Perkerasan Jalan Pada Campuran Hot Rolled Sheet-Binder Course, Skripsi, Program Studi Teknik Sipil,Universitas Kristen Indonesia Toraja.

Meriyanti Flowrinda Lauata, 2013, Pemanfaatan Limbah Serbuk Batu Marmer dari Gunung Batu Naitapan Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Campuran Paving Block, Skripsi, Universitas Nusa Cendana.

Oki Almindo, Nasfryzal Carlo, Mufti Warman Hasan, 2019, Pengaruh Pemanfaatan Limbah Marmer Sebagai Bahan Pengganti Agregat Kasar Pada Campuran Beton Terhadap Nilai Kuat Tekan, Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Bung Hatta, Padang

Safrin Zuraidah dan Rahmat Arif Jatmiko, 2007, Pengaruh Penggunaan Limbah Pecahan Batu Marmer Sebagai Alternatif Pengganti Agregat Kasar Pada Kekuatan Beton, Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Dr. Soetomo Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.47398/just-me.v1i1.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks di :

Index of /public/site/images/sastraprancis

Search | BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat

JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama

View My Stats Flag Counter