Penerapan Metode HAZOP Untuk Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Bagian Produksi Air Minum Dalam Kemasan Cup Pada PT. Tirta Sukses Perkasa (CLUB)

Andi Haslindah, Andrie Andrie, Sri Aryani, Feisar Nur Hidayat

Abstract


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan suasana bekerja yang aman dan nyaman. Tujuan penelitian mengetahui potensi bahaya.  risiko bahaya, dan tingkat risiko di lingkungan kerja bagian produksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode Hazop (Hazard and Operability). Identifikasi bahaya dengan metode Hazop dilakukan berdasarkan alur proses produksi. Langkah selanjutnya setelah proses identifikasi adalah penilaian risiko pada masing-masing titik kajian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat risiko rendah, sedang, tinggi dan ekstrim. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pembagian kuesioner kepada karyawan. Hasil dari penelitian ini menemukan beberapa risiko dengan tingkat risiko seperti, terpleset (pada saat membersihkan di ruang filling) dengan risiko sedang, terjepit forklift dengan risiko sedang, kesetrum (pada saat pengecekan mesin) dengan risiko tinggi. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu: terdapat, 4 sumber bahaya yang tergolong risiko tinggi, 16 sumber bahaya yang tergolong risiko sedang, dan 2 sumber bahaya yang tergolong rendah.


Keywords


K3; Hazop; Risiko Bahaya

Full Text:

PDF

References


, O. (2007). Occupational Health and Safety Management Systems-Requirements. 16 Maret 2016.

Andi Haslindah, d. (2019). Analisa Risiko Bahaya Menggunakan Metode HAZOP . Jurnal Teknik Industri UIM Produksi Berdasarkan Faktor Lingkungan Kerja .

Dian Palupi, d. (2015). Analisis Kecelakaan Kerja dengan Menggunakan Metode Hazard And Operability Study (HAZOP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri , 24-35.

Muhammad Ihsan Hamdy, d. (2016). Analisa Potensi Bahaya dan Upaya Pengendalian Kecelakaan Kerja Pada Proses Penambangan Batu Adesit di PT. Dempo Bangun Mitra. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri , 148-154.




DOI: https://doi.org/10.47398/just-me.v1i1.511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks di :

Index of /public/site/images/sastraprancis

Search | BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat

JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama

View My Stats Flag Counter