ANALISIS KORELASI KANONIK HUBUNGAN STRATEGI PROMOSI KAMPUS DAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMILIH KAMPUS

CANONICAL CORRELATION ANALYSIS OF CAMPUS PROMOTION STRATEGY RELATIONSHIP AND STUDENT MOTIVATION IN CHOOSING A CAMPUS

Authors

  • Masli Nurcahya Zoraida Universitas Islam Makassar
  • Nur Fajrin Maulana Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/ajocest.v1i01.807

Keywords:

Analisis Korelasi Kanonik, Analisis Faktor, Bobot Kanonik, Muatan Kanonik, Motivasi Memilih Kampus, Promosi Kampus

Abstract

Banyaknya Jumlah kampus menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa, berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki oleh kampus tersebut akan dikerahkan semaksimal mungkin untuk menghadapi persaingan. Sehingga berbagai cara dan strategi yang dilakukan oleh suatu kampus sebagai bentuk promosi menjadi motivasi siswa dalam memilih kampus untuk melanjutkan pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan strategi promosi kampus terhadap motivasi siswa dalam memilih kampus dengan menggunakan analisis korelasi kanonik. Dari hasil pengujian analisis korelasi kanonik strategi promosi kampus dengan motivasi siswa dalam memilih kampus menunjukkan hubungan yang erat, dimana faktor strategi promosi kampus yang paling tinggi berkorelasi dengan motivasi siswa dalam memilih kampus adalah strategi promosi melalui iklan digital dengan koefisien nilai korelasi kanoniknya sebesar 0,84348.

References

Andrei Prabawa, K., Luh Putu Suciptawati, N., & Putu Eka Nilakusmawati, D. (2017). PENERAPAN ANALISIS KORELASI KANONIK PADA HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH. 6(1), 90–98.

Asbah, M. F., Safitri, D., Kanonik, F., Redundansi, I., Kanonik, B., & Kanonik, M. (2013). Penentuan Koefisien Korelasi Kanonik dan Interpretasi Fungsi Kanonik Multivariat. Jurnal Gaussian, 2(April), 119–128.

Budiarto, M., Ari Kuncoro Yakti, Y., & Sunarya, L. (t.t.). Kemang Pratama I Blok MM-12 2 Jl. Kemang Pratama Raya-Bekasi Telp 02182423178 Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja 4 AMIK Raharja Informatika. Dalam Jl. Jendral Sudirman No. 40 Cikokol-Tangerang (Vol. 1).

Febrina Tarigan, E., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., Retno, D., Suyanti, D., & Abstrak, I. A. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. JIPK, 16(2). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK

Meliala, R. M. (2018). Analisis Model Super “A” pada Iklan Promosi Kampus di Televisi. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(2). https://doi.org/10.25139/jsk.v2i2.397

Pakpahan, S. P. (t.t.). PENGGUNAAN METODE ANALISIS KORELASI KANONIK DALAM MENGKAJI KONTRIBUSI BUDAYA MASYARAKAT DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA.

Prabawa, K. A., Luh, N., Suciptawati, P., Putu, D., & Nilakusmawati, E. (2017). Penerapan Analisis Korelasi Kanonik Pada Hubungan. 6(1), 90–98.

Putong, I. (2013). ANALISIS KORELASI KANONIK PERMINTAAN NON-FUNGSIONAL. Dalam BINUS BUSINESS REVIEW (Vol. 4, Nomor Mei).

Rachmatin, D., Si, S., Jurusan, M. S., & Matematika, P. (2007). KORELASI ANTARA DUA KELOMPOK VARIABEL KUANTITATIF DALAM ANALISIS KANONIK Oleh. Dalam Jurnal Pengajaran MIPA (Vol. 10, Nomor 2).

Rachmatin, S.Si., M.Si., D. (2007). Korelasi Antara Dua Kelompok Variabel Kuantitatif Dalam Analisis Kanonik. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 1. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v9i2.321

Rochyati. (2015). Faktor yang Paling Mempengaruhi Siswa Atas Pilihan Perguruan Tinggi : sebuah Penelitian Eksploratori. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(4), 443–458.

Tinggi, P., Penelitian, S., & Rochyati, E. (t.t.). Faktor yang Paling Mempengaruhi Siswa Atas Pilihan.

Downloads

Published

2024-01-11