Testing the antidiarrheal activity of ethanol extract Leaves of Senggani (Melastoma Malabathricum L.) from Pangkep in rats (Rattus Norvegicus) Induced Castor Oil (Oleum Ricini)

Uji Aktivitas Antidiare Ekstrak Etanol Daun Senggani (Melastoma Malabathricum L.) Asal Pangkep Pada Tikus (Rattus Norvegicus) Yang Diinduksi Minyak Jarak (Oleum Ricini)

Authors

  • Vera andani vera universitas islam makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/junomefar.v2i1.746

Keywords:

antidare, malestoma malabathricum, Rattus novergicus

Abstract

Daun senggani mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, saponin, tannin, fenolik dan triterpenoid. Senyawa tanin yang terkandung pada daun senggani yang dapat digunakan sebagai antidiare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antidiare ekstrak etanol daun Melastoma malabathricum L.) asal Pangkep pada tikus (Rattus norvegicus) yang diinduksi minyak jarak (Oleum ricini). Daun senggani diekstraksi secara maserasi menggunakan etanol 96%. Penelitian ini menggunakan tikus (Rattus norvegicus) sebanyak 15 ekor yang dibagi dalam 5 kelompok perlakuan, tiap kelompok terdiri dari 3 ekor tikus. Kelompok I diberi Na CMC 1% (Kontrol negatif), Kelompok II diberi Loperamid (Kontrol positif), kelompok III, IV dan V diberi ekstrak etanol daun senggani dosis 200 mg/kg BB, 400 mg/kg BB dan 600 mg/kg BB. Metode pengujian diare yang digunakan yaitu metode proteksi diare dengan mengamati awal terjadinya diare, frekuensi diare dan lama terjadinya diare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa awal terjadinya diare pada kelompok I terjadi pada menit ke-48,33 kelompok II menit ke-58,33, kelompok III menit ke-71,33, kelompok IV menit ke-55 dan kelompok V menit ke-55. Frekuensi diare pada kelompok I terjadi 10 kali, kelompok II terjadi 4,66 kali, kelompok III terjadi 8 kali, kelompok IV terjadi 6,33 kali dan kelompok V terjadi 5,33 kali. Lama terjadinya diare pada kelompok I terjadi pada menit ke-220, kelompok II menit ke-124,33, kelompok III menit ke-186,66, kelompok IV menit ke-168,33 dan kelompok V menit ke-140.  Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun senggani (Melastoma malabathricum L.) memiliki aktivitas antidiare pada dosis 400 mg/kg dan 600 mg/kg yang tidak berbeda nyata dengan Loperamid.  

Downloads

Published

2023-08-31