STRATEGI GURU DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 8 PINRANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: (1) Cara guru dalam mendorong pengembangan keterampilan sosial siswa (2) Faktor yang mempengaruhi kurangnya keterampilan sosial siswa (3) Hambatan yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif, menggunakan dua sumber data yakni sumber data primer (guru, siswa) dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cara guru mendorong pengembangan keterampilan sosial siswa terdiri dari mempelajari karakter siswa untuk merumuskan strategi kemudian penerapan strategi untuk meningkatkan keterampilan sosial dalam berkomunikasi, bekerja sama, dan mematuhi aturan. (2) Faktor penyebab kurangnya keteranpilan sosial siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa yakni sifat tertutup dan kurang percaya diri siswa serta siswa masa transisi menuju kedewasaan. Faktor eksternal adalah segala faktor yang bersumber dari luar diri siswa yakni faktor lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat ,maupun tontonan yang kurang mendidik. (3) Hambatan yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa yakni perbedaan pandangan antara guru dan siswa, kurangnya partisipasi orang tua dan siswa, siswa kurang konsisten, dan siswa yang cenderung menutup diri.
Kata Kunci: Strategi, Keterampilan Sosial, Guru, Siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Andini, Andi Kasmawati, Mustari Mustari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.