PERAN GURU DALAM REMEDIAL PEMBELAJARAN
Abstract
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah adalah melalui proses pembelajaran, Guru sangat berperan penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. guru diharapkan mampu mengembangkan dan memilih strategi yang tepat demi tercapainya tujuan pembelajaran. Suasana belajar siswa sangat tergantung pada kondisi pembelajaran dan kesanggupan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran remedial merupakan layanan pendidikan yang diberikan kepada siswa untuk memperbaiki prestasi belajarnya sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan, sedangkan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan diberikan pengayaan pemahaman konsep. Jika seluruh siswa telah mencapai ketuntasan pada saat tes formatif, maka guru memberikan perbaikan pada tujuan yang tingkat ketuntasannya paling rendah sebagai penguatan. Tujuan pengajaran remedial yaitu memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami dan mempunyai kesulitan dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran secara Reguler, sehingga siswa mampu mencapai prestasi yang diinginkan secara optimal. Fungsi pembelajaran remedial yaitu sebagai korektif, pemahaman, penyesuaian, pengayaan dan terapeutik. Dalam artikel ini metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan kajian penelitian kepustakaan (library research) kegiatan penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada. Penulis menggunakan penelitian deskriptif lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber seperti buku, catatan jurnal dan data-data yang ada lalu mengkombinasikan dengan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan yang erat kaitannya dengan “Peran Guru Dalam Remedial Pembelajaran”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Aco Agus, Syarifuddin Syarifuddin, Usmariani Usmariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.