Analisis Dampak Besarnya Pendapatan Pengguna Jalan yang Hilang Akibat Kemacetan (Studi Kasus: Kecamatan Manggala, Kota Makassar)

Andi Muh Ashad Sadiq

Abstract


Jumlah kendaraan bermotor di Kecamatan Manggala semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Pertambahan jumlah kendaraan menyebabkan kemacetan.  Kemacetan  dilihat  dari  dampak  sosial  membuat  stress,  kesal,  lelah hingga waktu  yang terbuang, sehingga kemacetan  membuat  pengguna  kendaraan  bermotor  harus  mengeluarkan  biaya yang lebih banyak. Berdasarkan hasil penelitian, kemacetan mengakibatkan pengguna jalan merasakan stress, waktu terbuang, mengurangi jam belajar atau jam kerja, pemborosan  bensin,  dan  hilangnya  pendapatan.  Pengeluaran  pembelian  BBM dalam  kondisi  lalu  lintas  normal  untuk  pengguna  mobil  adalah  sebesar  Rp13.933,25, sedangkan motor Rp 5.082,87. Namun apabila mereka terjebak kemacetan  maka  biaya  tersebut  meningkat  menjadi  sebesar  Rp  19.171,12  dan motor Rp 7.172,65. Kerugian yang ditanggung adalah sebesar Rp 5.237,87 per mobil  dan  Rp  2.089,78  per  motor.  Selanjutnya,  perhitungan  pendapatan  yang hilang akibat kemacetan untuk pengendara mobil adalah sebesar Rp 21.252,87, pengguna sepeda motor Rp 9.445,41, sedangkan  pengguna angkutan umum Rp 7.651,62 setiap harinya. Total pendapatan yang hilang dari pengguna jalan adalah Rp  38.313,90.  Total  hilangnya  pendapatan  akibat  kemacetan  di Kecamatan Manggala Kota Makassar adalah Rp 5.212.567.718,00 per hari. Variabel yang mempengaruhi besarnya pendapatan pengguna jalan yang hilang secara signifikan adalah variabel, pendapatan, pendidikan umur, jenis pekerjaan, jarak, durasi kemacetan, serta kategori pengguna jalan.


Keywords


Jumlah Penduduk; Kepemilikan kendaraan; Jumlah pendapatan; Faktor Stress.

References


Rosmiyati. A. 2017. Permodelan Bangkitan Perjalanan Berbasis Rumah Tangga di Kompleks RSS. Baumata (jurnal). Universitas Nusa Cendana. Kupang

Mayestika, F. 2018. Bangkitan Perjalanan pada Perumahan Misfalah Rasaindo Kota Gorontalo (jurnal). Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo

Arisman, A. 2014. Pengaruh Penduduk, Kendaraan Bermotor, dan PDRB Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (jurnal). Universitas Sumatra Utara. Medan

Rahmawati, A. 2014. Analisis Pemilihan Moda Sepeda Motor dan KRL Commuterline Untuk Perjalanan Kerja Ke Provinsi DKI Jakarta (jurnal). Universitas Diponegoro. Semarang




DOI: https://doi.org/10.47398/iltek.v16i2.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ILTEK : Jurnal Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks di :

google scholar – E-Bulletin Akbid Griya Husada Surabaya          

Index of /public/site/images/nikenfebrina 

 

Apa itu DOI pada naskah jurnal ilmiah - Info Dosen Blog

  

 WorldCat - Wikipedia   

News

Welcome to ROAD | ROAD

 

Download HD Member In - Scilit Logo Transparent PNG Image - NicePNG.com

Bielefeld Academic Search Engine | Journal of Sustainable Engineering:  Proceedings Series

 

 

Crossref Similarity Check logo

View My Stats Free counters! HTML hit counter - Quick-counter.net