ASSESMENT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN SEWA KENDARAAN DI PT. ADI SARANA ARMADA Tbk MAKASSAR SAAT PANDEMI COVID-19

Andi Haslindah, Rizal Syarifuddin, Tri_Setyo Santoso

Abstract


Kebutuhan akan sarana transportasi semakin meningkat diiringi berbagai macam gaya hidup masyarakat yang menginginkan segala sesuatunya lebih cepat dan praktis, hal itu membuat terbukanya usaha di bidang jasa transportasi khususnya di kota Makassar dan sekitarnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasaan pelanggan terhadap layanan sewa kendaraan di Assa Rent Makassar saat pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematik hingga lebih mudah dipahami. Data yang dikumpulkan bersifat deskriptif sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesa, membuat prediksi, maupun mempelajari implikasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan deskripsi data kepuasan pelanggan terhadap layanan sewa kendaraan di Assa Rent Makassar berada dalam kategori memuaskan dengan mean (55,65), median (54), dan modus (51) dengan standar deviasi sebesar 8,374. Berdasarkan hasil persentase sebanyak 46,2% dari total seluruh responden yang menyatakan sikap puas terhadap layanan yang diberikan, sebanyak 35,2% menyatakan sikap sangat puas, dan sebanyak 9,3% menyatakan netral dan tidak puas, sementara tidak ada satu pun yang menyatakan sikap sangat tidak puas. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan sewa kendaraan di Assa Rent Makassar yaitu dari segi aspek layanan, aspek service/maintenance, dan aspek tempat pelayanan.

Keywords


Kualitas Layanan, Jasa Sewa Kendaraan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Dianto, A. R. (2014). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Di The Body Art Fitness & Aerobic Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(2), 225 – 236.

Iskamto, D. (2015). ANALISA KESENJANGAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN. Jurnal Sains Manajemen, 1(Juli-Desember), 10–20.

Nyoman, N., & Puspaningsih, T. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Buletin Studi Ekonomi, 12(April), 2007.

Rahayu, S. (2013). KEPUASAN PENGGUNA KENDARAAN SEWA TRANS , CIPAGANTI ADIRA DI JAKARTA. Jurnal Manajemen, 17(02), 239–253.

Suradi, S., Andrie, A., & Fadel Ahmad, M. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Pt Kalla Toyota Cabang Cokroaminoto. ILTEK : Jurnal Teknologi, 14(2), 2073–2077. https://doi.org/10.47398/iltek.v14i2.419

Trio Saputra Negara, Jazuli, D. N. I. (2013). ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PERSEWAAN MOBIL “PRADANA RENT CAR” SEMARANG. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.47398/iltek.v16i2.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ILTEK : Jurnal Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks di :

google scholar – E-Bulletin Akbid Griya Husada Surabaya          

Index of /public/site/images/nikenfebrina 

 

Apa itu DOI pada naskah jurnal ilmiah - Info Dosen Blog

  

 WorldCat - Wikipedia   

News

Welcome to ROAD | ROAD

 

Download HD Member In - Scilit Logo Transparent PNG Image - NicePNG.com

Bielefeld Academic Search Engine | Journal of Sustainable Engineering:  Proceedings Series

 

 

Crossref Similarity Check logo

View My Stats Free counters! HTML hit counter - Quick-counter.net