Strategi Komunikasi Sosialisasi Program Generasi Berencana BBKBN Di Kota Gorontalo

Miftahul Jannah Adnan, Dwi Ratnasari, Ramansyah Ramansyah

Abstract


Program Generasi Berencana (GenRe) adalah program yang dibuat untuk mempersiapkan dan merencanakan remaja dalam kehidupan berkeluarga.  Dalam program ini, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo mempromosikan pendewasaan usia pernikahan dengan tujuan peningkatan media usia nikah khususnya bagi perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan kantor BKKBN Provinsi Gorontalo dalam Mensosialisasikan Program Generasi Berencana (GenRe) di Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif.Untuk memperoleh data penelitian menggunakan Observasi dan Wawancara dengan menggunakan Analisis Data Reduksi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Kantor BKKBN berjalan sudah cukup efektif dan efisien. Tetapi masih ada beberapa kendala yang sering terjadi pada saat sosialisasi Program GenRe, dilihat dari pemilihan media komunikasi, pengkajian  tujuan pesan, dan peranan komunikator.

 


Keywords


strategi komunikasi; sosialisasi; Program GenRe

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, dkk. (2017). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa: Bandung.

Armando, Siti Mutmainnah. (2006). Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cangara, Hafied. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.

Djuma, Taufik S. & Zulkarnain Suleman. (2018). Pencatatan Perkawinan di Bawah Umur Perspektif Pegawai Pencatat Nikah di Kota Gorontalo.Jurnal Al-Mizan Vol. 14 No.2, 2018. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/am. Diakses pada tanggal 29 Agustus 2020.

Effendy, Onong Uchjana. (2016). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Narwoko, Dwi, Bagong Suyanto. (2005). Sosiologi Teks Pengantar. Jakarta: Prenada Media.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Grafindo: Jakarta.

Sugiyono. (2013). Memahami penelitian kualitatif. Bandung : PT. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal of Communication Sciences is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS.

 

Journal of Communication Sciences (JCoS) is Indexed by:

 

 

 

Bielefeld Academic Search Engine | Journal of Sustainable Engineering:  Proceedings Series 

Flag Counter