Strategi Komunikasi Politik Tim Pemenangan Ridho dalam Pemilihan Kepala Desa Tabilaa Periode 2021-2027

Mohamad Ziat Moha, Andi Subhan, Dwi Ratnasari

Abstract


Salah satu wujud demokrasi adalah pemilihan pemimpin, mulai dari calon presiden sampai  pada calon kepala desa. Pelibatan tim pemenangan memengaruhi pemilihan calon pemimpin.  Tim pemenangan perlu strategi komunikasi politik untuk memenangkan calonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik tim pemenangan RIDHO dalam pemilihan kepala Desa Tabilaa periode 2021-2027. Penelitian menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memahami fenomena-fenomena di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik yang digunakan tim pemenangan RIDHO dalam pemilihan kepala Desa Tabilaa, ditemukan bahwa ada beberapa strategi komunikasi politik yaitu: (1) Retorika yang digunakan oleh RIDHO adalah dengan menyampaikan pesan secara langsung tentang Visi-Misi dalam membangun Desa Tabilaa; (2) Propaganda yang di maksud lebih mengarah pada cara untuk mengontrol isu-isu dan mempererat kebersamaan dan persatuan dalam tim karena tidak ada kemenenangan tanpa perjuangan; (3) Kampanye yang terdiri dari terbuka dan door to door dengan melakukan perencanaan yang matang, menyediakan komunikator, menyusun konsep kampanye 5W + 1H; dan (4) Penggunaan media massa melalui berita online. Penelitian ini menjadi bahan masukan untuk calon kepala desa dan tim pemenangan dalam menjalankan strategi komunikasi politik yang dilakukan dalam pemilihan kepala desa.


Keywords


strategi komunikasi politik; pemilihan kepala desa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (n.d). Menang (Def. 1, 2, 3, 4, dan 5). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 23 Desember 2021, melalui https://kbbi.web.id/menang.

Cangara, Hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. (2011). Komunikasi Politik: Konsep Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.

Effendi, Onong Uchjana. (1993). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Indiartoro, Nur dan Supomo, Bambang. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nathan, Arik. (2014). Strategi Komunikasi Politik Calon Kepala Desa (Studi Komunikasi Politik dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Bendosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik (JAP) Vol. 2 No. 6 2014. Malang: Jurusan Administrasi Publik, Universitas Brawijaya.

Pureklolon, T. T. (2018). Komunikasi Politik: Mempertahankan Integritas Akademisi, Politikus, dan Negarawan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Syarifuddin, Tengku Imam. (2019). Strategi Pemenangan Kepala Desa Terpilih pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Portal FISIP Unmul, Edisi 24 Januari 2019. Program Studi S1 Pemerintahan Integratif (PIN).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal of Communication Sciences is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS.

 

Journal of Communication Sciences (JCoS) is Indexed by:

 

 

 

Bielefeld Academic Search Engine | Journal of Sustainable Engineering:  Proceedings Series 

Flag Counter