Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Wirausaha Saffanah Cake Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Kabupaten Maros

Ayu Fitriani, Anil Hukmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran  seperti apa yang digunakan dalam meningkatkan Volume penjualan serta Faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan volume penjualan pada toko Saffanah Cake. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berusaha menyajikan fakta dan temuan secara mendalam melalui penjelasan deskriptif. Sumber data didapatkan melalui wawancara dan observasi terhadap sembilang orang informan utama kemudian dianalisis dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan jika Saffanah Cake melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan  Strategi  4p yaitu 1.) Product Menggunakan bahan– bahan yang berkualitas dalam pembuatan produk , 2.) Price Harga  pemasaran yang diberikan sesuai dengan kualitas  produk, 3.) Place Lokasi yang strategis menjadi daya tarik dari Saffanah Cake,  4.) Promotion Menggunakan Media Sosial sebagai tempat promosi, dalam meningkatkan volume penjualan. Dan terdapat beberapa faktor yang mendukung yaitu lokasi yang strategis, pemberian memiliki konsistensi rasa, selalu berinovasi, sales channel yang bervariasi sedangkan faktor penghambat salah satunya adanya pembatasan wilayah di beberapa tempat yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran.


Keywords


strategi pemasaran; komunikasi pemasaran; UMKM

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F & Yusuf, RI. (2020) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Penerimaan Brand Chocolicious. Jurnal Ilmiah Pranata Edu Vol 2 No 1 (2020): MEI. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.1032

Kotler, Philip, Armstrong, Garry. (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, (Erlangga:Jakarta,).

Kotler, Keller. (2009) Manajemen pemasaran ( Jakarta: Erlangga )

Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2004), Dasar-Dasar Pemasaran. Penerjemah Alexander Sindoro, (Jakarta : PT Indeks).

Philip Kotler dan Armstrong. (1997), Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Jakarta : Erlangga).

Prawiro M. 2020. Pengertian pemasaran: Ruang Lingkup, Fungsi, Tugas, dan Jenis-jenisnya. Diakses pada 20 april 2021 di https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertianpemasaran.html#:~:text=Pengertian%20Pemasaran%20Adalah.%20Secara%20umum%2C%20pengertian%20pemasaran%20adalah,bernilai%20bagi%20konsumen%2C%20klien%2C%20mitra%2C%20dan%20masyarakat%20umum.

Prawiro M. 2018. Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya. Diakses pada 20 april 2021 di https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html

Syamsuddin Muhammad. 2020. Dampak pandemi covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Diakases pada 20 april 2021 di https://www.nu.or.id/post/read/123247/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-umkm-di-indonesia

Widia Resti Ayu. 2020. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bag Corner Ponorogo. Diakses pada 20 april 2021 di http://etheses.iainponorogo.ac.id/8891/1/SKRIPSI%20UPLOAD.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal of Communication Sciences is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS.

 

Journal of Communication Sciences (JCoS) is Indexed by:

 

 

 

Bielefeld Academic Search Engine | Journal of Sustainable Engineering:  Proceedings Series 

Flag Counter