https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/issue/feedJournal of Communication Sciences (JCoS)2025-01-20T08:03:43+00:00Journal of Communication Sciences (JCoS)jcos@uim-makassar.ac.idOpen Journal Systems<p>Journal Title: Journal of Communication Sciences (JCoS)<br />ISSN: 2654-8755 (online) <br />DOI Prefix: Prefix 10.55638 2 by Crossref <br />Publisher: Communication Sciences Study Program, Universitas Islam Makassar<br />Frequency: 2 issues per year (April and October)</p> <p>Journal of Communication Sciences (JCoS) was established in 2018 and is published twice a year; in April and October. In 2025, the journal has been accredited based on the Ministry of Higher Education, Science, and Technology decree No: 10/C/C3/DT.05.00/2025</p> <p>This journal publishes original academic research on the main topics in communication studies, we welcome academics that would like to contribute to the sub-topic of communication studies including mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations studies, etc.</p>https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/1484Prediksi Pengembangan Diri Masyarakat dalam Masa Quarter Life-Crisis melalui Instagram Stories 2025-01-18T03:49:54+00:00Andi Fatur Rezky Abdillah ARfaturrezky@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris: 1) Prediksi pengembangan diri masyarakat melalui fungsi Instagram; 2) Prediksi pengembangan diri masyarakat melalui Quarter Life-Crisis; 3) Prediksi pengembangan diri masyarakat melalui fungsi Instagram Stories dan Quarter Life-Crisis secara simultan; dan 4) dan prediksi pengembangan diri masyarakat melalui fungsi Instagram Stories dengan dimediasi oleh Quarter Life-Crisis. Diharapkan hasil penelitian ini secara teoritis dapat bermanfaat bagi akademisi dan praktisi, terutama untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang ilmu komunikasi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisoner, wawancara langsung dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan software SPSS 27 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Prediksi positif dan signifikan pengembangan diri melalui fungsi Instagram; 2) Prediksi negatif dan signifikan pengembangan diri melalui Quarter Life-Crisis; 3) Prediksi positif dan signifikan pengembangan diri melalui fungsi Instagram Stories dan Quarter Life-Crisis secara simultan; dan 4) Efek mediasi yang signifikan dari Quarter Life-Crisis pada fungsi Instagram Stories dan pengembangan diri.</p>2025-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Communication Sciences (JCoS)https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/1529Alat Komunikasi Pemasaran Terbaik Untuk Bisnis Kecil2025-01-19T06:14:59+00:00AFIFAH QONITA Mafifahqonitaaa08@gmail.comSaharuddin Maliksaharuddinmalik@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah 1.) untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran online/offline shop Benee.id dalam meningkatkan penjualan. 2.) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi komunikasi pemasaran yang digunakan dalam memperkenalkan online/offline shop benee.id. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran online/offline shop Benee.id menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan pada butik online/offline shop Benne.id melalui media sosial Instagram mencakup promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung, dan pemasaran konten. Faktor pendukung strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram untuk meningkatkan penjualan pada butik online/offline shop Benne.id meliputi penggunaan media sosial, kualitas konten yang tinggi, pengunaan influencer, dan pelayanan pelanggan yang baik. Sebaliknya, faktor penghambat termasuk pengiriman yang lambat, persaingan harga, perubahan referensi konsumen, persaingan yang ketat. Mengatasi hambatan ini dan memanfaatkan faktor pendukung secara optimal dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran serta hasil penjualan.</p>2025-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Communication Sciences (JCoS)https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/1530Difusi Inovasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Desa Tasokko Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah2025-01-19T06:16:46+00:00Muhammad Hairilmhmmdhairil542@gmail.com<p>Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) adalah sebuah sistem akuntansi yang telah didesain dan dioperasikan dengan baik untuk pengelolaan keuangan Desa. SISKEUDES menghasilkan berbagai output, termasuk Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJM) Desa, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa), dokumen penatausahaan keuangan Desa, laporan realisasi APBDesa, laporan kekayaan milik Desa, dan laporan realisasi dana Desa. Sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, di mana semua kegiatan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan Desa telah diatur dan dijalankan oleh Pemerintah Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) di Desa Tasokko Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan aplikasi Siskeudes ini dalam pengelolaan keuangan di Desa Tasokko. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan menerapkan pendekatan deskriptif-explanatory. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan keuangan Desa Tasokko telah sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2018; 2) Sistem aplikasi SISKEUDES yang digunakan di Desa Tasokko telah menggunakan versi terbaru yaitu versi V.2.0.6; dan implementasinya telah tebukti efektif dan berjalan lancar; dan 3) Penggunaan aplikasi SISKEUDES telah meningkatkan keterperincian dan keakuratan laporan keuangan di Desa Tasokko, sehingga memudahkan pegawai atau perangkat Desa dalam menyusun laporan keuangan Desa.</p>2025-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Communication Sciences (JCoS)https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/1538Analisis Komunikasi Gender pada Profesi Jurnalis di TVRI Sulawesi Selatan2025-01-19T06:21:51+00:00Ainun Mardiadianmuhtadiah@yahoo.comWardah Wardahdianmuhtadiah@yahoo.comDian Muhtadiahdianmuhtadiah@yahoo.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi gender pada profesi jurnalis di TVRI Sulawesi Selatan. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dan tipe penelitian kualitatif deskritptif. Informan lima orang dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori Genderlect Style oleh Deborah Tannen, percakapan publik versus pribadi, jurnalis laki-laki cenderung tegas dan profesional meskipun rentan terhadap masalah. Sementara, jurnalis perempuan menciptakan suasana nyaman dengan konsep diri yang positif. Perbedaan juga terlihat dalam penyampaian cerita, di mana laki-laki menggunakan bahasa lugas dan informatif, sementara perempuan lebih menonjolkan emosi dan koneksi. Selain itu dalam proses mendengarkan jurnalis perempuan lebih mudah tersentuh, berbeda dengan jurnalis laki-laki yang akan bersikap lebih objektif. Kemudian saat mengajukan pertanyaan, jurnalis perempuan menggunakan pendekatan empati dan kenyamanan narasumber, sedangkan jurnalis laki-laki lebih fokus pada tujuan dengan pertanyaan strategis. Namun dalam lima konteks yang disebutkan, tidak ditemukan perbedaan gender dalam konteks konflik, baik laki- laki maupun perempuan menunjukkan keberanian yang setara.</p>2025-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Communication Sciences (JCoS)https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/1537Analisis Framing dalam Pemberitaan Penundaan Pemilu 2024 di Tribun-Timur.com2025-01-19T06:20:40+00:00Muh Sahrul Nizambsmimaros.id@gmail.comDiana Rinadianarina@unismuh.ac.idIndah Pratiwi Manggagaindahpratiwi.m@unismuh.ac.id<p>Penundaan pemilu 2024 banyak disoroti media, terutama media online. Tribun-Timur.com merupakan salah satu media online yang banyak memuat berita terkait penundaan pemilu 2024. Pemberitaan penundaan pemilu 2024 gencar dilakukan Tribun-Timur.com pada saat mendekati Pemilu berlangsung hingga pemilihan serentak di Indonesia. Dalam pemberitaannya, Tribun-Timur.com menggambarkan banyak hal tentang penundaan pemilu 2024, di antaranya penundaan pemilu 20224 yang dilakukan Bahlil dan Luhut Binsar Panjaitan dengan statementnya dan tanggapan beberapa pakar politik.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tribun-Timur.com membingkai pemberitaan penundaan pemilu 2024 dengan menggunakan analisis Framing model Robert N Entman. Hasil penelitian menunjukkan Tribun-Timur.com lebih informatif dan mencoba menggiring opini publik dengan menampilkan perbedaan hasil tanggapan penundaan pemilu 2024. Beberapa tanggapan yang berbeda bagaimana statement Bahlil dan Luhut Binsar Panjaitan yang ingin melakukan penundaan pemilu 2024 dan mendapatkan penolakan dari masyarakat pakar politik.</p>2025-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Communication Sciences (JCoS)https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/1531Literasi Digital Orang Tua terhadap Anak Usia Dini dalam Penggunaan Smartphone di Desa Bilajeng Kabupaten Pinrang2025-01-19T06:19:00+00:00Nurul Syafika Izzati Bahtiarns724478@gmail.comAndriansyah Andriansyahandriansyah.fisip@uim-makassar.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi digital orang tua terhadap anak usia dini dalam penggunaan <em>smartphone</em> di desa Bilajeng Kabupaten Pinrang dan apa saja yang menjadi faktor penghambat serta faktor pendukung orang tua dalam menerapkan literasi digital terhadap anak usia dini. Untuk mengetahui permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara sebagai metode dalam pengumpulan data yang dilaksanakan di Desa Bilajeng Kabupaten Pinrang. Informan yang menjadi sumber data utama adalah orang tua yang memiliki anak usia dini dan memiliki <em>smartphone</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital orang tua di desa Bilajeng lebih berfokus pada keterampilan digital (digital skills) dan keamaan digital (digital safety). Dan tingkat literasi digital orang tua di desa Bilajeng masih minim karena pemahaman orang tua terhadap fungsi <em>smartphone</em>, keterampilan penggunaan aplikasi, dan pemanfaatan <em>website</em> masih kurang. Hal ini didasari karena pemahaman dan keterampilan orang tua terhadap literasi digital berbeda-beda berdasarkan latar belakang pendidikannya. Namun di samping itu orang tua masih memiliki upaya dalam menanamkan sikap literasi digital yang baik dengan tetap memberikan pengawasan dan didikan kepada anak dalam menggunakan <em>smartphone</em><em>.</em></p>2025-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Communication Sciences (JCoS)https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/JCoS/article/view/1566Analisis Framing Uang Palsu UIN Alauddin Makassar di Media Online Detik.com Periode Desember 20242025-01-19T08:22:52+00:00Andi Nurul Amalia Arifandinurulamaliaarif@gmail.comFerdi Rivaldiperdi.rivaldhi@gmail.comM Ichsan Anugrah Utomom.ichsananugrah.utomo@gmail.comMuh. Imam Takbirmimamtakbir@gmail.comRahmatsyah Putrarahmat.keo@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi framing berita uang palsu UIN Makassar oleh detik.com dimana framing tersebut akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis framing Robert Entman. Sebanyak 20 isi berita dianalisis sejak tanggal 19 Desember sampai dengan 31 Desember dengan cara tabulasi silang untuk menganalisis bagaimana detik.com mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebab, membuat penilaian moral, dan merekomendasikan tindakan untuk menyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini disajikan dalam 4 skema analisis framing Robert Entman, dimulai dengan 1) Mengidentifikasi masalah yaitu bagaimana detik.com menguraikan masalah yang terjadi, Detik.com menyajikan informasi terkait dengan penyelidikan dan pemeriksaan kasus uang palsu yang sedang terjadi di UIN Alauddin Makassar; 2) Mendiagnosis masalah yaitu bagaimana Detik.com mengidentifikasi apa yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, dan penyajian Detik.com cukup komprehensif untuk membahas penyebab dari kejadian ini; 3) Memberikan penilaian moral, yaitu bagaimana Detik.com mengemas mana yang benar dan mana yang salah dalam peristiwa ini, serta menggunakan tata bahasa yang cukup berani untuk menyebut pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa ini; 4) Rekomendasi solusi dari Detik.com untuk menangani peristiwa yang sangat merugikan masyarakat dan negara ini.</p>2025-01-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Journal of Communication Sciences (JCoS)