PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN KOPI BISANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Suradi Suradi, Rizal Syarifuddin, Irianto Irianto

Abstract


Kopi bisang merupakan salah satu kopi yang memiliki potensi pengembangan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perancanaan strategi pemasaran kopi bisang dengan menggunakan metode balanced scorecard. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SWOT Balanced scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses strategi kopi bisang terdapat dua cara untuk meningkatkan internal proses pemasaran yaitu dengan mengurangi biaya operasional dan memaksimalkan penjualan café kopi bisang. pengunjung cafe kopi bisang sebanyak 50 orang. Adapun kuesioner dalam penelitian ini berisi 10 pertanyaan. Deskripsi responden pengunjung cafe kopi bisang yang berumur 18-28 tahun yaitu sebanyak 44%. NPM turunnya nilai penjualan tahun 2019 disebabkan karena banyaknya kompotitor dari setiap tahunnya mempengaruhi jumlah pengunjung setiap tahun sebanyak 52%. ROE menunjukkan bahwa kinerja keuangan dapat dinyatakan baik sebanyak 125%. Produktivitas karyawan CV. lonna indo kopi dengan café kopi bisang dapat diukur dari kinerja pada tahun 2019 pendapatan menurun karena langkahnya bahan baku. Strategi pemasaran keuangan 11%, meningkatkan pendapatan NPM 52,38%, ROE 125%. Membuka boot untuk program unggulan, melakukan promosi dengan marketing baru. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang dapat disimpulkan bahwa kinerja perusahaan café kopi bisang dengan menggunakan metode balanced scorecard menghasilkan kinerja baik dilihat dari perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran pertumbuhan

Keywords


Perancangan; Strategi Pemasaran; Balance Score Card.

Full Text:

PDF

References


Aspriyati, W., Andani, A., & Sukiyono, K. (2017). Pengukuran Kinerja Perusahaan Kopi Bubuk “Sahabat” di Lubuklinggau : Aplikasi Balanced Scorecard (BSC). Jurnal AGRISEP, 16(2), 177–190.

Buana, I. T. (2017). Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi dan Penggunaan Balanced Scorecard (BSC) dalam Penilaian Kinerja KSU Argopuro Jaya Abadi di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Skripsi, 1–99.

Cahyono, D. (2019). Revitalisasi Enterpreneurship Terhadap Pelaku Industri Kreatif Berbasis Kinerja Balance Scorecard. 5(1), 121–134.

Dwi, E. S., Koeshardjono, R. H., Suharsono, J., Akuntansi, P., Ekonomi,

F., & Marga, U. P. (2020). Penggunaan Metode Balanced Scorecard dan SWOT Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan Pada CV . Aqsha Kota Probolinggo. 8(1), 46–52.

Fadloli Akhmad, Sudarma Widjaya, A. N., & Jurusan. (2016). JIIA, VOLUME 4, No. 2, MEI 2016. Fadloli Akhmad, Sudarma Widjaya, Adia Nugraha Jurusan, 4(2), 134–144.

Herawati, J. (2017). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada PT. Ria Busana Medan. Management, 7(1), 27–33.

Narulita, S., Winandi, R., & Jahroh, S. (2014). Analisis Dayasaing Dan Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Indonesia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 2(1), 63. https://doi.org/10.29244/jai.2014.2.1.63-74

Ributari Nurgahayu, E., & Dwi Retnani, E. (2015). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(10), 1–16.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant

Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Syarifuddin, R., Program, D., Teknik, S., Universitas, I., Makassar, I., Studi, P., Industri, T., Islam, U., Makassar, I., & Mix, M. (2019). PENGEMBANGAN PRODUK KOPI BISANG BERBASIS METODE. 14, 3–6.




DOI: https://doi.org/10.47398/just-me.v2i1.583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks di :

Garuda - Garba Rujukan Digital

Neliti - Indonesia's Research Repository

Index of /public/site/images/sastraprancis

Search | BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat

JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama

View My Stats Flag Counter