Pengaruh Pemberian Infusa Sarang Walet (Collocalia fuciphaga) Terhadap Penurunan Kadar LDL Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus)

Pengaruh Pemberian Infusa Sarang Walet (Collocalia fuciphaga) Terhadap Penurunan Kadar LDL Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus)

Authors

  • Syahdriani saputri Syahdriani saputri Universitas IsIam makassar
  • Hasyim Barium UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
  • Musdalifa

DOI:

https://doi.org/10.59638/junomefar.v3i1.1006

Keywords:

Collocalia fuciphaga, Low-Density Lipoprotein, Rattus norvegicus

Abstract

ABSTRAK

Kadar LDL (Low-Density Lipoprotein) yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular yang serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian infusa sarang walet Collocalia fuciphaga) terhadap Penurunan Kadar LDL dalam hewan model Tikus putih (Rattus norvegicus) yang diinduksi dengan pakan diet tinggi lemak dan PTU. Dalam penelitian ini tikus dibagi menjadi 5 kelompok yang berbeda yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif, kelompok III, IV, V, ekstrak dosis 10 mg/kg BB,20 mg/kg BB,40 mg/kg BB. Kadar LDL dalam darah diukur sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian infusa sarang walet menghasilkan penurunan yang tidak signifikan dalam kadar LDL dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan tidak adanya potensi positif dari infusa sarang walet dalam mengurangi risiko hyperlipidemia.

 

Kata Kunci: Low-Density Lipoprotein; Collocalia fuciphaga;      Rattus norvegicus

Published

2024-02-28