Rasionalitas Penggunaan Obat Antibiotik Pasien Penderita Ispa yang di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Kolaka Timur

Authors

  • Risky Putri universitas mandala waluya
  • Niluh Firdayanti Program Studi Farmasi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Mandala Waluya
  • Jastria Pusmarani Program Studi Farmasi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Mandala Waluya
  • Nur Herlina Nasir Program Studi Farmasi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Mandala Waluya
  • Nur Hatidjah Program Studi Farmasi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Mandala Waluya

Abstract

Antibiotik merupakan  suatu golongan obat yang digunakan untuk terapi pencegahan infeksi yang disebabkan oleh bakteri namun tidak efektif untuk melawan virus. Dalam rangka meningkatkan penggunaan obat yang aman dan efektif bagi pasien, farmasis memiliki peran penting terutama dalam mengevaluasi rasionalitas penggunaan obat antibiotik yang diberikan kepada pasien. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui rasionalitas penggunaan obat antibiotik di Rumah Sakit Umum Daerah Kolaka Timur.

Jenis penelitian ini Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan metode deskriptif dan pengambilan data secara retrospektif dari bulan januari – desember 2021 yang berdasarkan melihat data rekam medik pasien. Evaluasi ini dilakukan dengan membandingkan data dengan literatur Pharmaceutical Care.

Hasil penelitian menunjukan evaluasi rasionalitas penggunaan obat antibiotik di Rumah sakit Umum Daerah Kolaka Timur dengan mengambil 33 pasien pada kategori Tepat Pasien 100%, Tepat Obat 100%, Tepat Indikasi 100%, Tepat Dosis 84,8%, Tepat lama pemberian 0bat  100%.

Kata Kunci :Rasionalitas, Antibiotik, ISPA, Kolaka Timur

Downloads

Published

2023-08-31