https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/issue/feed PERKAMEN : PERPUSTAKAAN, INFORMASI, SOSIAL, DAN HUMANIORA 2024-07-21T11:29:36+00:00 La Ode Rusadi perkamen@uim-makassar.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Perkamen Journal : Library, Information, Social, and Humanities </strong>is a scientific journal published by the Department of Library and Information Science, Makassar Islamic University in 2023. This journal is intended for lecturers, librarians, information scientists, information specialists, information managers, literacy activist, anthropology, communication science, sociology, researchers, and students in publishing their research results <a title="Aims &amp; Scope" href="https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/fokus" target="_blank" rel="noopener">within its scope</a>, both in Indonesian and English. Accepted manuscripts are manuscripts that have never been published before.</p> <p>This journal is published twice a year, in January and July. The articles published in Perkamen will be selected strictly based on relevance and significance in their field.</p> <p> </p> https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/article/view/968 MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI PERPUSTAKAAN 2024-06-24T23:50:54+00:00 Ella Nurwana nurwanaella@gmail.com <p><em>Reference service is one of the main functions of the library that serves / presents a collection of resources to library users / visitors. Research service is one of the library services that can be utilized by visitors to find the information they need. Service activities that assist library visitors in finding information: Receiving questions from library users/visitors and then responding using the reference collection; Instructions for searching the source collection and finding the information needed; Providing instructions to users on the use of library materials in the source collection. According to William A. Katz, the focus of reference services is the production of answers to reference questions or information retrieval.</em></p> <p><em><strong>Keywords</strong>: Reference Service, Information Technology, Library</em></p> 2024-07-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ella Nurwana https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/article/view/1186 PENERAPAN ETIKA KEPUSTAKAWANAN DALAM MELAYANI PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI KABUPATEN BONE 2024-07-10T01:22:50+00:00 Hazan hazan@uncapi.ac.id Herman herman.abdoolah@uim-makassar.ac.id Andi Mudassir andimudassir018@gmail.com <p>Etika profesi adalah landasan bagi sebuah profesi yang digunakan sebagai pijakan dalam menjalankan setiap tugas – tugas profesi tersebut. Etika profesi merupakan sebuah produk dari organisasi profesi yang dituangkan dalam kode etik profesi.&nbsp; Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan tehnik pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling di mana untuk menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus taro Yamane di mana dari rumus tersebut didapatkan sampel penelitian responden. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil untuk implementasi kode etik pustakawan Indonesia, didapatkan hasil Secara keseluruhan implementasi kode etik pustakawan yang berkaitan dengan kewajiban kepada bangsa dan negara dinilai terletak pada kategori sangat baik dengan hasil skor sebasar 96,4%. Implementasi kode etik pustakawan yang berkaitan dengan kewajiban kepada masyarakat dinilai terletak pada kategori SANGAT BAIK dengan hasil skor sebasar 91,9%. Kewajiban pustakawan terhadap profesi yang direpresentasikan melaui kewajiban kepada Ikatan Pustakawan Indonesia, memgang prinsip kebebasan intelektual, serta menghormati hak milik intelektual dinilai SANGAT BAIK dengan hasil skor sebesar 81,007%. Kewajiban pustakawan pada rekan sejawat menurut 64 responden dinilai SANGAT BAIK dengan hasil sebasar 85,2%. Kewajiban pustakawan terhadap diri sendiri dinilai SANGAT BAIK dengan hasil skor sebasar 84,06%. Kesimpulan Etika adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan pertimbangan benar dan salah.Etika adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan berdasar nilai agama.</p> 2024-07-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hazan, Herman, Andi Mudassir https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/article/view/1181 PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA UNIT LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UIN SALATIGA 2024-06-26T11:00:23+00:00 Rizal Wahyudwi Prawira rizalwahyu1711@gmail.com Anton Hermawan anton.hermawan@uksw.edu Albertus Pramukti Narendra albert.pramukti@uksw.edu <p>Perpustakaan UIN Salatiga sebagai perpustakaan perguruan tinggi memiliki layanan sirkulasi yang berfungsi sebagai pengatur jalannya kegiatan peminjaman, pengembalian, perpanjangan, dan denda. Maka dari itu untuk mencapai tujuan perpustakaan yang baik perlu adanya penerapan manajemen di dalam layanan sirkulasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen yang ada pada unit layanan sirkulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif&nbsp; dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen perencanaan <em>(planning) </em>sudah mempunyai perencanaan jangka panjang dan pendek yang jelas untuk ke depannya, pengorganisasian <em>(organizing) </em>pembagian petugas sudah jelas dan sesuai dengan SOP yang berlaku, pelaksanaan <em>(actuating) </em>pada layanan sirkulasi sudah berjalan dengan cukup baik, pengawasan <em>(controlling)</em> kegiatan sirkulasi dan petugas sudah terlaksana dan berjalan dengan baik.</p> 2024-07-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rizal Wahyudwi Prawira, Anton Hermawan, Albertus Pramukti Narendra https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/article/view/1191 INOVASI TEKNOLOGI PERPUSTAKAAN UNTUK MENDORONG LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA 2024-07-10T08:49:49+00:00 Suriadi suriadipascauim@uim-makassar.ac.id Herman herman.abdolah@uim-makassar.ac.id Jenifa Erlisa jenifaerlisa003@gmail.com <p>Dengan hadirnya inovasi teknologi di perpustakaan mempermudahkan pemustaka dalam mencari informasi yang dibutuhkan melalui pemanfaatan teknologi, perkembangan teknologi digital memberikan dampak besar pada literasi informasi. Teknologi digital dapat mempermudah akses terhadap informasi, meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan informasi. Tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi masih sangat besar. Adapu beberapa tantangan ataupun hambatan tersebut antara lain keterbatasan sumberdaya dan akses informasi serta minimnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya literasi informasi. Maka dengan itu erpustakaan harus menghadirkan inovasi untuk dapat mengatasi tantangan. Inovasi tersebut meliputi pemanfaat teknologi, penyedian layanan yang lebih berkualitas, dan pengembangan koleksi yang lebih luas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif adalah yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang di alami oleh subjek peneliti secara holistik dengan cara mendeskripsikan dalam format kata-kata dan bahasa pada suatu konteks yang dialami dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian ini penting dilakukan untuk mendukung upaya meningkatkan keterampilan literasi informasi masyarakat melalui berbagai inovasi teknologi informasi yang dikembangkan dalam perpustakan. Inovasi ini bertujuan untuk menghadirkan minat serta meningkatkan potensi pengelolaan informasi masyarakat lebih luas.</p> 2024-07-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Suriadi, Herman, Jenifa Erlisa https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/perkamen/article/view/1178 ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 2024-06-24T23:46:08+00:00 Mughiroh Islam mughiroh018@gmail.com Diva Ayu Ningsih divaayu2611@gmail.com Neneng Nurpadilah nurf97601@gmail.com <p><em>A library can be defined as a building or room used to store books and publications. Each library has its own facilities and services. There are many cases in Indonesia where people do not get good service and satisfaction from libraries. The aim of this research is to analyze the quality of library services at Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung. This research resulted in data obtained from the library of the Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung, showing that almost all the availability of facilities and infrastructure has been met, but behind that there are still several obstacles, but the library has found a solution. In terms of service, the library also gets a good response from visitors. The research concluded that the services at the Sunan Gunung Djati State Islamic University Library in Bandung had good facilities and services and the results of library interviews showed that there was a commitment to improving optimal public services to visitors. The research contributes to showing the Sunan Gunung Djati State Islamic University Library in Bandung in providing appropriate and good service to visitors.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: facilities; library; services </em></p> 2024-07-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Mughiroh Islam, Diva Ayu Ningsih, Neneng Nurpadilah