Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten Maros
Keywords:
Manajemen Berbasis Madrasah, Mutu Pendidikan, Madrasah AliyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) implementasi manajemen berbasis madrasah (2) mutu pendidikan madrasah, dan (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Objek penelitian ini adalah Madrasah Aliyah DDI Cambalagi, Kabupaten Maros. Informan dipilih secara purposif, yakni kepala madrasah, guru dan peserta didik Madrasah Aliyah DDI Cambalagi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah DDI Cambalagi mengimplementasikan Manajemen Berbasis Madrasah dengan memperhatikan efektivitas dan efisiensi pendidikan, tata pengelolaan madrasah, SDM yang berkualitas, dan tingginya partisipasi masyarakat. Mutu pendidikan Madrasah Aliyah DDI Cambalagi didasarkan pada input, proses, dan output pendidikan. Hal ini dapat dilihat pada kiprah alumni dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, baik di Indonesia maupun di luar negeri, serta beberapa alumni yang berkiprah sebagai ustadz di daerah tempat tinggal masing-masing. Faktor pendukung implementasi manajemen berbasis madrasah, di antaranya: (a) Kepemimpinan dan manajemen sekolah yang baik, (b) peningkatan kualitas sumber daya manusia, (c) kondisi sosial, ekonomi, dan apresiasi masyarakat terhadap pendidikan, (d) profesionalisme pendidik, serta (e) mengadakan sarana dan prasarana. Faktor penghambat, di antaranya: (a) Perhatian pemerintah, (b) sarana dan prasarana yang belum memadai, dan (c) kurangnya tenaga pendidik dan kependidikan.
References
Ajefri, F. (2017). “Efektifitas Kepemimpinan dalam Manajemen Berbasis Madrasah”, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7 (2).
Amri, H., & Bundu, P. (2021). Evaluasi Total Quality Management pada SMP Islam Athirah 1 Kajaolalido Kota Makassar. Al-Musannif, 3(1), 15-26.
Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 1(1), 19-31.
Burga, M. A., Arsyad, A., Damopolii, M., & Marjuni, A. (2019). Accommodating the National Education Policy in Pondok Pesantren DDI Mangkoso: Study Period of 1989-2018. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 5(1), 82-99.
Daulay, H. P. (2016). Historis dan Eksistensi Pesantren, Sekolah, dan Madrasah. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.
Kementerian Pendidikan Nasional RI (2016), Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan Nasional RI (2018), Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Ma'ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi pengembangan profesi guru dalam mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif. Al-Musannif, 3(1), 27-44.
Mulyasa, E. (2017) Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. (2019) Menjadi Kepala Sekolah; Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Rosda Karya.
Pangaribuan, E. (2016). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap Mutu Pendidikan. Toba: Samosir Press.
Pasaribu, A. (2017) “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional di Madrasah”, Jurnal EduTech 3 (1).
Sidi, I. D. (2017) Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradikma Baru Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Usman, H. (2016) Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhraina, C., & Husna, R. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Menurut Standar Regulasi: Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Musannif, 4(2), 91-100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.