Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kinestetik Anak Usia Dini

Authors

Abstract

Pembelajaran kinestetik memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak usia dini, khususnya dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar, koordinasi tubuh, serta keterampilan kognitif, sosial, dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran kinestetik di taman kanak-kanak di wilayah Sulawesi Selatan, dengan fokus pada ketersediaan sarana, persepsi guru, serta hambatan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survei dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 100 guru dari 50 taman kanak-kanak, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk mengukur persepsi guru terhadap pembelajaran kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru menganggap pentingnya pembelajaran kinestetik, namun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan alat dan fasilitas, kurangnya pelatihan untuk guru, serta keterbatasan waktu dalam jadwal pembelajaran yang terstruktur. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar taman kanak-kanak meningkatkan fasilitas pendukung, mengadakan pelatihan untuk guru, serta memberikan fleksibilitas dalam kurikulum untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran kinestetik. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan pembelajaran kinestetik dapat lebih efektif dalam mendukung perkembangan holistik anak usia dini.

References

Abah, J., Chinaka, T. W., & Ogbiji, E. O. (2024). Effect of Kinesthetic Learning on Students’ Interest and Achievement in Mathematics. Mathematics Education Journal, 8(2), 120–136. https://doi.org/10.22219/mej.v8i2.34218

Fadil, A. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). Pustaka Pelajar.

Flippin, M., Clapham, E. D., & Tutwiler, M. S. (2021). Effects of using a variety of kinesthetic classroom equipment on elementary students’ on-task behaviour: a pilot study. Learning Environments Research, 24(1), 137–151. https://doi.org/10.1007/s10984-020-09321-2

Gardner, H. (2015). Inteligencias Múltiples. Paidós.

Gunawan, S., Syifa, M., Irianto, D. M., & Sukardi, R. R. (2023). Investigates The Implementation of Kinesthetic Intelligence-based Thematic Learning: A Case Study in Elementary School’s Second-Grade. Equator Science Journal (ESJ), 1(1), 1–08.

Hernandez, J. E., Vasan, N., Huff, S., & Melovitz-Vasan, C. (2020). Learning Styles/Preferences Among Medical Students: Kinesthetic Learner’s Multimodal Approach to Learning Anatomy. In Medical Science Educator (Vol. 30, Issue 4, pp. 1633–1638). Springer. https://doi.org/10.1007/s40670-020-01049-1

Krobo, A. (2021). SMALL EFFORT, BIG RESULTS: THROWING AND CATCHING ACTIVITIES USING PLASTIC BALL TO FOSTER CHILD’S KINESTHETIC ABILITY. Journal of Early Childhood Education (JECE), 3(1), 11–21. https://doi.org/10.15408/jece.v3i1.20102

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Oktama Yurita, H., Yetti, E., & Nurani, Y. (2023). Development of Zapin’s Creative Dance to Improve Children’s Kinesthetic Intelligence Aged 5-6 Years. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17(1), 173–192. https://doi.org/10.21009/jpud.171.13

Ow, S. S., Poon, C. H., Cheong, K. W., & Cooper, S. (2023). Cultivating 21st century Learning Skills: The Effect of Song-based Music and Movement on Elementary-age Children’s Kinesthetic Skills. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 8(3), e002216. https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i3.2216

Pahrul Rodji, A., Wasliman, I., Suhendraya Muchtar, H., & Koswara, N. (2022). Physical Education Learning Management in Fostering Students’ Kinesthetic Intelligence. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(3), 1084–1088. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i3.367

Patton, M. Q. (2001). Qualitative Research Evaluation Methods (3rd ed.). Sage Publications, Inc.

Sadaruddin, S., Intisari, I., Hajerah, H., Amri, N. A., & Mariyani, M. (2022). Kinesthetic Learning Development Methods to Train Fine Motors for Early Childhood. The 1st World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2021), 229–234.

Sartika, I. D., Wahyuni, D., Agustini, A. ’A, Aryanti, A., Sari, L. D., & Larasati, W. E. (2023). Desain Pembelajaran Kecerdasan Kinestetik Berbasis Pendekatan Reggio Emillia pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 188–202. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15640

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (11th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Syahputri, A. M., & Sukoco, P. (2020). Application of developmental games based on kinesthetic perception to improve proprioceptive sensitivity, intelligence and cooperation in primary school children. Health, Sport, Rehabilitation, 6(4), 8–17. https://doi.org/10.34142/HSR.2020.06.04.01

Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable, 2, 154–175.

Walidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi_Penelitian_Kualitatif_Grounde. FTK Ar-Ranity Press.

Yetti, E., Juniasih, I., & Jakarta, N. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2). https://doi.org/10.21009/JPUD.102

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Yusran, R., & Sadaruddin, S. (2024). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kinestetik Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 7(1), 47–55. Retrieved from https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/AIJER/article/view/1470