EFEKTIVITAS EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Ince Prabu Setiawan Bakar, Triani Arfah

Abstract


Abstrak: Efektivitas Experiential Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Psikologi Perkembangan. Tujuan penelitian bertujuan mengetahui peningkatan active learning mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam eksperimen ini  menggunakan model pembelajaran experiential learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman materi psikologi perkembangan mahasiswa PG-PAUD yang diajar dengan metode experiential learning lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan metode experiential learning. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PG-PAUD yang sedang mengambil mata kuliah psikologi perkembangan. Untuk menguji hasilnya digunakan hasil uji-t. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan model pembelajaran eksperiential learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di PG-PAUD berdasarkan  nilai Sig. (2-tailed)<0,05, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.

kata kunci: experiential learning, psikologi perkembangan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hariri, Citra Apriovilita& Yayuk, Erna, 2017. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Kolb A.Y. & Kolb D.A. 2008. Experiental Learning Theory: A Dynamic, Holistic Approach to Management Learning, Education and Development. Armstrong, S.J. & Fukami, C. ( Eds.) Handbook of Management Learning, Education and Development. London: Sage Publications

Kusmianti, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Eksperiential Learning terhadap konsep diri dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMU. Gane Swara, vol. 11, No. 2, pp 100-110.

Sharlanova V. 2004. Experiential Learning. Trakia Journal of Sciences, Vol. 2, No. 4, pp 36-39.

Lumpkin Angela, R. M. 2014. student perception of active learning. college student hournal, 121-133.

Winterbottom, D. M. 2017. cambridge assesment international education. Retrieved from www.cambridgeinternational.org:http://www.cambridgeinternational.org/images/271174- active-learning.pdf




DOI: https://doi.org/10.24567/aijer.v2i1.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Makassar

email:

aijer@uim-makassar.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Algazali International Journal of Educational Research Indexed by:


GARUDA

GOOGLE SCHOOLAR


 Creative Commons License
Algazali International Journal of Educational Research is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats