Pengaruh Strategi Komunikasi Guru Berbasis Media Gadget di Masa Covid- 19 terhadap Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.365Keywords:
strategy, teacher communication, gadgets, covid-19, learning motivationAbstract
Abstract: The effect of gadget media-based teacher communication strategies in the covid 19 period on student learning motivation. This study aims to determine the communication of gadget media-based teachers during the Covid-1 9 period on student learning motivation. This research uses a quantitative approach with aquasi-experimental research research. The population in this study was grade V students of SD Negeri Pacinang Makassar, the essay used in this study was the Pre-test Post-test nonequivalent control group design. Research instruments in the form of questionnaires, student observation sheets, and documentation to test hypotheses using paired sample t-tests. Data analysis is carried out by analysis of descriptive statistical data and inferential statistics. The results of the study in the control class obtained an average pretest value of 51.15 while the average posttest value of 58.45 was still lower than the experimental class. The average score of the experimental class in the pretest was 84.35 while the posttest value was 89.50. Based on the results of the hypothesis test, it is known that the paired t-test results obtained by the level of Sig. (2-tailed) of 0.000< 0.05. Thus, it can be seen that there is an influence of media g-adget teacher communication strategies during the Covid-19 period on student learning motivation.
References
Abidin, Syahrul. 2017. Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal. kearsipan fakultas ilmu sosial uin sumatera utara medan
Aminah, Siti. 2017. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. jurnal, jambi, jurusan ilmu pendidikan Fkip universitas jambi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Bakar, I. P. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Tamalanrea II Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 39-46.
Dalyono. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gan, Giantika. 2019. Strategi Komunikasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan Di Masa Pandemi Covid -19. Journal Komunikasi, Vol 11. jakarta selatan, Universitas Bina Sarana Informatika.
H.A.W, Widjaja. 2020. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harahap, Rizky septia dkk. 2018. Pengaruh Pengguna Gedged Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 12 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol 3 no 1, banda aceh, KIP Unsyiah.
Hamalik, Oemar.2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Karwono dkk, 2019. Belajar Dan Pembelajaran. depok: PT Rajagrafindo Persada.
Khoirunnissa. 2020. Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid 19 Sebagai Strategi Pembelajaran Dan Capaian Hasil Belajar Pada Siswa. skripsi, magelang, iain salatiga.
Maknuni, Jauhriah. 2020. Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid 19. jurnal online, Karang Malang-Yogyakarta. Universitas Negri Yogyakarta
Muchlisin, Rian. Strategi Komunikasi Pengertian Dan Hambatan. (online), tersedia di: https://www.kajianpustaka.com/2020/01/strategi-komunikasi-pengertian-teknik-langkah-dan-hambatan.html (14 maret 2021, pukul 14.54).
Mulyapradana, Aria. 2020. Pengaruh Pengguna Media Daring Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Ssat Pandemi Covid 19, jurnal sekretari dan manajemen, Vol 4 no 2, pekalongan, politeknik pusmanu.
Mujubul, Hakim dkk. 2020. Pengaruh Pengguna Media Daring Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Ssat Pandemi Covid 19. jurnal sekretari dan manajemen, Vol 4 no 2, pekalongan, politeknik pusmanu.
Muhmmad Arni, Komunikasi Organisasi (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014) h. 4
Nasution, Nur Dillah. 2008. Penerapan Strategi Question Student Have Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Pada Materi Iman Kepada Malaikat Kelas Vii Mts Azizi Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan, kearsipan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan,
Noveandini, dkk. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa Sekolah Dasar”, In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Pendidikanmu. 2021 .Strategi komunikasi. diakses di https://pendidikanmu.com/2021/02/strategi-komunikasi.html. Pada tanggal 18 maret 2021
Sar Tri puspita , Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah, Kebidanan Stiket PKU Muhammdiyah Surakarta, Vol 13 No.2, 2016, h.72
Siregar, Muhammad yusuf dkk, 2020. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, Vol 12 no 2, sumatera utara, universitas islam negeri.
Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : C.V. Rajawali, 2011), Cet. Ke-12, hal. 73
Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya;Percetakan Insan Cendekia.
Sukmadinata, Nana Syaodi. 2015. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: alfabeta
Soyomukti, Nurani Soyomukt. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Syam, N., & Yahya, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran ICT terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di SD Lanraki II Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 43-54.
Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. jakarta: bumi aksara
Uchjana, Effendy onong. 2010. Dimensi-Dimensi Komunikasi, Bandung:PT Alumni.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yuliatun. 2012. Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. kearsipan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.