IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PAI DI UPT SMP NEGERI 1 PANGSID KECAMATAN MARITENGNGAE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Authors

  • Sri Hasnawati Sri Hasnawati Intitut Agama Islam DDI Pangkajene Sidrap

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT SMP Negeri 1 Pangsid Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian adalah mengkaji tentang Implementasi model pembelajaran Blended Learning di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengetahui adanya faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Blended Learning di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta upaya dalam menanganinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik purposive sampling dan triangulasi. Teknik analisis data menempuh empat langkah yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning yakni dengan mengkombinasi pembelajaran tatap muka dikelas dan pembelajaran daring berbasis google classroom dan juga grup whatsapp sebagai media penunjang pembelajaran daring dengan membuat grup, memasukkan anggota peserta didik, mengelola dan mengembangkan materi atau penugasan. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaannya yang sebagian besar terletak pada pembelajaran daring dan faktor pendukungnya yakni dengan memberikan motivasi atau dorongan ketika pembelajaran luring dan juga dapat menggunakan berbagai macam variasi gaya mengajar sehingga menumbuhkan semangat dan minat peserta didik untuk belajar.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Sri Hasnawati, S. H. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PAI DI UPT SMP NEGERI 1 PANGSID KECAMATAN MARITENGNGAE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(2), 113–126. Retrieved from https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/1223