PEMANFAATAN KOLEKSI DIGITAL (E-THESIS) SEBAGAI SUMBER INFORMASI PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.59638/perkamen.v1i1.684Keywords:
Aplikasi E-thesis, Karya Ilmiah, Sumber InformasiAbstract
Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan koleksi digital (E-thesis) sebagai sumber informasi pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Tujuan dari penelitian ini 1). untuk mengetahui model koleksi digital ( E- Thesis ) di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, 2). Pemanfaatan koleksi digital (E-Thesis) sebagai sumber informasi pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, 3). Kendala pemanfaatan koleksi digital (E-Thesis) sebagai sumber informasi pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada para informan. Penelitian ini mengambil 5 ( lima) orang informan yang terdiri dari 2 (dua) Pustakawan dan 3 (tiga) pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar menerapkan model karya ilmiah digital (e-thesis) yang bersifat open source yang koleksi karya ilmiah mahasiswa seperti, skripsi,tesis dan disertasi di publish online melalui halaman website resmi Upt Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. 2). E-thesis yang di akses melalui website yang dapat di manfaatkan oleh pemustaka untuk mencari bahan referensi secara cepat dan tepat serta membantu pemustaka dalam penelusuran informasi karya ilmiah seperti skripsi,tesis dan disertasi. 3). Namun kendala yang di dapatkan oleh pemustaka adalah jenis tesis yang di publish hanya dapat di baca langsung secara full text dan tidak dapat di download serta pemustaka tidak dapat mengetahui statistic pengguna yang mengkases e-thesis tersebut
References
Afrizal. (2017). Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.
Agustinova, Danu Eko. (2015) . Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.
Anandari, Annisa. (2010) . “Pemanfaatan Koleksi Digital: Studi Kasus di Emil Salim Kementrian Lingkungan Hidup”. Skripsi Depok. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Hartono. (2017). Manajemen Sumber Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Calpulis, 2016. “Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital Dalam Membangun Aksesibilitas Informasi: Sebuah Kajian Teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia”. Jurnal Perpustakaan , vol. 8.
Hasugian, Jonner. (2005) . “Pemanfaatan: Internet Studi Kasus tentang Pola Manfaat dan Tujuan Penggunaan Internet oleh Mahasiswa pada Perpustakaan USU”. Pustaka: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, vol.1 no.1.
Ibrahim, A. (2018) . Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan. Jakarta Pusat: Gunadarma Ilmu.
Ilmiyah, Tatik dan Sri Ati. “Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Local Content Terhadap Kegiatan Penelitian Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi / Tugas Akhir di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang”. JurnalIlmuPerpustakaan.(2013).http://download.portalgaruda.org/article.php?article=74963&val=4723 (Diakses 5 Juli 2022).
Lasa HS. (2009) . Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
M Reitz, Joan (2002) . “ODLIS: Online Dictionary of Library and Information Science”.
Muin, Muh Azwar. (2013) . Informasi Literacy Skill (Strategi Penelusuran Informasi Online). Makassar: Alauddin University Press.
Y.Rudi Kiswanto. (2019). “Analisis resepsi pemustaka terhadap electronic theses & dissertations di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada”. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 15 No. 2.
Salmira Halwa. (2022). Jurnal “Perancangan dan Implementasi Terhadap Sistem Layanan Pengumpulan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Web” Cyberarea.id Volume 2 (11)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syarif Hidayatullah Ramadhani, Muh. Fihris Khalik, La Ode Rusadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.