Kontribusi Kesadaran Diri (Self-Awareness) dan Harapan (Hope) Terhadap Career Adaptability Mahasiswa.

Triani Arfah, Ince Prabu Setiawan Bakar

Abstract


Abstrak: Kontribusi Kesadaran Diri (Self-Awareness) dan Harapan (Hope)  Terhadap Career Adaptability Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan melihat kontribusi kesadaran diri (self-awareness) dan Harapan (hope) terhadap kematangan karir mahasiswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel bebas penelitian yakni, hope dan self-awareness. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kematangan karir. Analisis data yang menggunakan regresi sederhana, untuk melihat kontribusi variabel bebas (self-awareness dan Hope) terhadap kematangan karir mahasiswa. Skala dalam penelitian ini menggunakan skala adaptasi dari SAQ (Golman, 1995) dan Hope (Snayder, 1997). Hasil uji CFA menunjukkan bahwa skala kematangan karir memiliki Croanbach’s Alpha .880. Sedangnya untuk SAQ .817, dan Skala Hope .550. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Makassar sebanyak 138 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling dimana sampel diacak secara sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran diri dan harapan secara bersama sama berkontribusi pada kematangan karir mahasiswa,  dengan taraf signifikan .000.  Variabel ini mempengaruhi sebesar 42,2% pada variabel kematangan karir dan sisanya sebesar 57,2% disebabkan faktor lain yang tidak diukur pada penelitian ini. Sementara itu, F= 49,043 dan taraf signifikan 0,000 menunjukkan bahwa kontribusi Self awareness dan Hope mempengaruhi kematangan karir mahasiswa.

Kata kunci: kesadaran diri, harapan, karir


Full Text:

PDF

References


Edhy, Andi Andyna Maharezky . 2018. Profil Adaptabilitas karir ditinjau dari demografinya. Niveritas Bosowa Makassar.

Goleman, D. 2001. Emotional Intelligence: Why it can matter more than IQ. Blumsbury : USA 10. Goleman, D. 2011. The brain dan emotional intelligence: New Insight 1st edition. More Than Sound LLC: Northampton MA.

Herin, M., & Sawitri, D. R. 2017. Dukungan Orang Tua Dan Kematangan Karir Pada Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. Jurnal Empati. 6(1), 301-306.

Marpaung, D. N., & Yulandari, N. 2016. Kematangan Karir Siswa Smu Banda Aceh ditinjau dari Jenis Kelamin Dan Jenis Sekolah. Jurnal Psikoislamedia. 1(2): 311-324. ISSN 2503- 3611 ISSN 2548-4044

Rachmawati, Y. E. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir di Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 1(1): 1-25

Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, A. R., & Fauziah, N. 2014. Kematangan Karier Siswa SMK Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jurusan. Humanitas, (13)2 , 112-121. ISSN 1693-7236.

Super, D. E & Jordaan, J. P. 1973. Career Development Theory. British Journal of Guidance & Counselling. 1(1), 3-16. DOI: http://dx.doi.org/10.1080/03069887308259333.

Super, D. E. 1977. Vocational Maturity in Mid-Career. pg. 294-302.

Super, D. E & Thompson, A. S. 1979. A Six-Scale, Two-Factor Measure of Adolescent Career or Vocational Maturity.

Suryanti, R., Yusuf, M., & Priyantama, N. 2011. Hubungan Antara Locus of Control Internal dan Konsep Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran,Solo: Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sutton, A. 2016. Measuring the effect of self-awareness: Construction of the Self-awareness. Europe’s Journal of Psychology, vol 12(4), 645-658




DOI: https://doi.org/10.24567/aijer.v2i1.329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Makassar

email:

aijer@uim-makassar.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Algazali International Journal of Educational Research Indexed by:


GARUDA

GOOGLE SCHOOLAR


 Creative Commons License
Algazali International Journal of Educational Research is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats