Pengaruh Kompetensi Guru PAI terhadap Karakter Siswa MI Al Hijrah Kota Makassar

Musbaing Musbaing, Erniati Erniati

Abstract


Abstrak: Pengaruh Kompetensi Guru PAI terhadap Karakter Siswa MI Al Hijrah Kota Makassar.  Penelitian ini bertujaun mengetahui kompetensi guru  PAI dan mengetahui pengaruh positif terhadap karakter siswa MI Al Hijrah Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat ex- post facto. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel; yakni kompetensi guru PAI dengan simbol X, dan karakter siswa dengan simbol Y sebagai variabel bebas, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Al Hijrah Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Semua siswa yang berada pada kelas yang terpilih dijadikan responden penelitian yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini diolah dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menggunakan rumus regresi atau korelasi sederhana. Hasil penelitian diperoleh kompetensi guru PAI, berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 186,09 dari skor ideal 297 dengan standar deviasi 47,062 dan variansi 2214,797. Adapun variabel karakter siswa MI Al Hijrah Kota Makassar, berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 37,91 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 19,451 dan variansi 378,346. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif kompetensi guru PAI terhadap Karakter Siswa MI Al Hijrah Kota Makassar, pada taraf signifikansi 0,05, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 25,5%.

Kata Kunci: kompetensi guru, karakter      


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Kriminal 2016. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisme dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Darsono. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad Ke 21. Jakarta: Nusantara Consulting

Demirel, Melek, Özmat, Demet, and Elgün, Imgehan Özkan. 2016. Primary School Teachers’ Perceptions about Character Education. Educational Research and Reviews. Vol. 11(17), pp. 1622-1633, 10 September, 2016.

Gaurav. Sachar. 2015. Teacher’s Positive Influence On Learner’s Character Formation. Inter. J. Edu. Res. Technol. 6[2] 2015; 49-52.DOI: 10.15515/ijert.0976-4089.6.2.49-52

Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Cet. II. Bandung: Alfabeta.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pedoman Sekolah. Jakarta

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Muhlis, Masnur. 2010. Pendidikan Karakter MenjawabTantangan Krisis Multidimensional Jakarta: Bumi aksara.

Pusat Bahasa Depdinas. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Rahman, Abd, Getteng. 2011. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika (Cet. VIII; Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rokhmat, Mulyana. 2013. Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Saadah Pustaka Mandiri

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24567/aijer.v2i1.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Makassar

email:

aijer@uim-makassar.ac.id

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Algazali International Journal of Educational Research Indexed by:


GARUDA

GOOGLE SCHOOLAR


 Creative Commons License
Algazali International Journal of Educational Research is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats