Implementasi Tari Kreasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak

Authors

  • Nirwana Nirwana Universitas Islam Makassar
  • Abd. Hakim Naba Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/aijer.v3i2.357

Keywords:

dance creation, kinesthetic intelligence, child

Abstract

Abstrak: Implementation of Creation Dance to Improve  Children's Kinesthetic Intelligence.  This study aims to describe the implementation of dance creations to improve children's intelligence. This research belongs to the type of qualitative research. The subjects of this study were students of group B aged 5-6 years TK IT Al-Fikri Makassar. The data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use caulitative descriptive analysis. The results of this study show that dance creation can develop children's kinesthetic intelligence according to expectations.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Chairul. 2017. Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.

Dewi, Nila Sari. Kecerdasan Ganda :Penerapan Proses dalam Pembelajaran. 2015,Jurnal Lingua,Vol 1

Helmawati, 2016. Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung:Pt Rosdakarya.

Ismarianti, “Pengaruh Model Pembelajaran Tema Terhadap Kreativitas Anak dalam Menari di Taman Kanak-Kanak”, Darul Ilmi:Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini,Vol.1No.1 (juni 2017)

Khasanah, Imroatun. 2016. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Tradisional Angguk di Tk Melati II Glagah.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2017 Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang selatan:Universitas Terbuka.

Michelaki, Eleni .Developments Body –Kinesthetic Intellegence Through Creative Dance for Students Preschool. 2016, Journal of Educational and Social Research MCSER Publishing, Rome Italy.Vol.6.3,h.23

Nurul Khotimah, Lailatul Munawaroh “Penerapan Kegiatan Tari Kreasi dalam Kemampuan Kinestetik Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo”, Jurnal PAUD Teratai,Vol.07.No.01(2018).

Nasaruddin, R. (2019). Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Karakter Anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 2(1), 43-52.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar PAUD. Jakarta:PT Indeks.

Permendikbud No.137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD

Sujiono,Bambang. 2016. Metode Pengembangan Fisik. Tanggerang: Universitas Terbuka Selatan.

Rachmi, Tetty et.al. 2014. Keterampilan Musik dan Tari. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sari, Ayu Titis Rukmana. Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Pembelajaran Seni Tari.2018, SELING : jurnal Program Studi PGRA,Vol.4,No.1

Yaumi, Muhammad, Nurdin Ibrahim. 2016. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:Prenadamedia Group.

Fadillah, M,et.al. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Said,Alamsyah, et.al. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences.Jakarta: Prenadamedia Group.

Supriadi, S. EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG DI KELAS 1 SD INPRES PANRENGE KABUPATEN BARRU. Publikasi Pendidikan, 6(2).

Suyadi, 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung:PT Remaja Rosdakaryaa.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Nirwana, N., & Abd. Hakim Naba. (2021). Implementasi Tari Kreasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(2), 139–149. https://doi.org/10.59638/aijer.v3i2.357

Most read articles by the same author(s)