Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak

Authors

  • Abd. Hakim Naba Universitas Islam Makassar
  • Nirwana Nirwana Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.369

Keywords:

teacher, parent, social emotional

Abstract

Abstract: The Role of Teachers and Parents in Developing Children's Social Emotional.  This study aims to describe the role of teachers and parents in developing children's social and emotional development and describe supporting and inhibiting factors in developing children's social and emotional. This research approach uses a qualitative approach using descriptive qualitative research. The location of the study was carried out by group B Mekka at Tk Islam Al-abrar Makassar City. The data sources in the study were sourced from primary data and skunder data. The data collection techniques in this study are using observation methods, interviews, and documentation methods. The results of this study show that teachers play a very important role in developing children's social and emotional. There is the role of the teacher as an educator, meneger, supervisor, communicator, and motivator. The role of parents in developing children's social and emotional is to instill an attitude of courtesy, foster a sense of responsibility, teach children to always do good, get used to a disciplined life, understand a child's feelings. There are factors that can support and hinder the child's social emotional development. Supporting and inhibiting factors in the child's social emotional development are physical factors, psychological factors and environmental factors of self-confidence..

References

Abdullah Idi. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik.(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2015)., hal 39

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Bernagai Aspeknya, (Jakarta : Kencana, 2011), hal., 133-134

Ahmadi, dkk Dasar-Dasar Pendidikan Islam Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta Bumi Akara, 1991., hal 44

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya Diponegoro: Bandung, 2005.,hal 413

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, (Bandung:JumanatulAli, 2005)., hal 425

Dra. Hj. Sitti Hartinah D. S ., M.M, pengembangan peserta didik, Bandung, 2008., hal 36-37

Fitri, R. (2019). PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK BENTENG 1 KEPULAUAN SELAYAR. ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH, 1(2).

Hasan Mukmin, Peranan Fakultas Dakwah Sebagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam di Wilayah Lampung, (

Lampung: Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, IAIN Raden Intan Lampung, 2014),. Hal 62

Ahmad tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung : Remaja Rosdakarya 1997)., hal 135

Departemen agama RI Al-Qur.an dan Terjemahannya., hal. 6

Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1988)., hal 667

Djmarah, Syaiful Bahri, Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga, (Jakarta : PT. RINEKA CIPTA, 2004)., hal 131-133

Drajat, Zakiah dkk, ilmu Pendidikan islam.(Jakrta : PT. Bumi Aksara,2009).,hal 35

Heri G.unawan, Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2014), hal. 163.

Jhon W. Santrock, Perkembangan Anak (Jakarta : Erlangga, 2002)., hal 133

Fikri irawan Kemampuan Kerja sama AUD .Https://journal.digilib.ump.ac.id (di akses pada tanggal 16 maret 2019 pukul 10:44)

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009)., hal 35

E. Mulyasa, Log. Cit, hal 35

Imam Gunawan, S.Pd. M.Pd Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik., hal 81-82

Kamtini, 2014, Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PG-Paud dalam Mendesain Permainan Melalui Gerak Dan Lagu Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 20 No 78

Kamtini, 2014, Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PG-Paud dalam Mendesain Permainan Melalui Gerak Dan Lagu Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 20 No 78

Khadijah, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Cipta Pustaka Media 2013)., hal 13

Mutmainnah, dkk, 2016 Pengembangan Panduan Permainan Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 1

Mujtahid, Pengembangan Profesi Guru, (Malang:UIN-MALIKI Press, 2011)., hal 52

Meithy H Idris, Menjadi Pendidik yang Menyenangkan dan Profesional, (Jakarta:Luxima Metro Media 2015)., hal 42-23

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Abd. Hakim Naba, & Nirwana, N. (2022). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 139–150. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.369

Most read articles by the same author(s)