Implementasi Metode STEAM Berbasis Media Audio Visual dalam Meningkatkan Aspek Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Abd. Hakim Naba Universitas Islam Makassar
  • Nirwana Nirwana Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.359

Keywords:

STEAM, visual audi, cognitive

Abstract

Abstark. Implementation of Audio Visual Media-Based STEAM Method in Improving Cognitive Aspects in Early Childhood Education. This study aims to describe the implementation of the STEAM method based on audio-visual media in improving cognitive aspects in early childhood. This research method uses a qualitative approach with a qualitative descriptive type of research. The results of this study show that the Audio Visual Media-based STEAM method in Improving Cognitive Aspects in Early Childhood Education in Kindergarten is able to improve children's cognitive development. In addition, audio-visual media is not only as a prop but also as a carrier of information or teaching messages to children.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. Model Model, Media, Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).

Bandung: CV.Yrama Widya, 2013.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2011. Azizah, Siti Nur, Muniroh Munawar, and Anita Chandra D. S. “Analisis

Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang.” Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9, no. 1 (2020): 57–71.

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4th ed. Yogyakata: Pustaka Pelajar, 2019.

Djamaah, Syaiful B, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Hadinugrahaningsih, Tritiyatma, Yuli RahmawatI, Achmad Ridwan, Arie Budiningsih, Elma Suryani, Annisa Nurlitiani, and Cinthia Fatimah. “Keterampilan Abad 21 Dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Project Dalam Pembelajaran Kimia.” LPPM Universitas Negeri Jakarta (2017): 1–110.

Hasbi, Muhammad, Merysa, Zaenal Abidin, Eka Oktavianingsih, Rinia Zatalini, Hidayatul Mabrur, Eka Sobiatin, et al. Bunga Rampai Pendidikan Anak Usia Dini Penyunting Dr . Muhammad Hasbi, 2020.

Hasyim, Sukarno L. “Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam.”

Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 1, no. 2 (2018): 69–77. http://www.perkuliahan.com.

Karimah, Luthfia. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Bolokuncoro” Dalam Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Di Kota Solo, 2020.

Khadijah. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, 2016. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/do wnload/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79- u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEk F4FJ8At0XT.

Komala, Komala, and Rohmalina Rohmalina. “Kompetensi Guru PAUD Dalam PJJ Melalui Pelatihan Pendekatan STEAM Pada Masa Covid-19.” Aulad: Journal on Early Childhood 4, no. 1 (2021): 38–52.

Maharani, Yuli Sinta, Nunuk Suryani, and Deny Tri Ardianto. “Teknodika 73” 16, no. 01 (2018): 73–87.

Mastuinda, Zulkifli, and Febrialismanto. “Persepsi Guru Tentang Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Di PAUD Se- Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.” Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran 3, no. 1 (2020): 90–96.

Naba, A. H., & Ruswiyani, E. (2019). PENDIDIKAN KERAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI MEDIA POSTER TIGA BAHASA PADA SD RAMA SEJAHTERA KOTA MAKASSAR. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 2(1), 31-42.

Maryani, R. (2020). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 2(2), 151-161.

Mulyono, Anton. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group, 2013.

Mutmainnah, Mutmainnah. “PEMIKIRAN PROGRESIVISME DAN PEMIKIRAN EKSISTENSIALISME PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Dalam

Pembelajaran Bcct Pamela Phelps).” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 6, no. 1 (2020): 13.

Nurfadillah, Rahmah Rizkia, and Anita Rakhman. “Implementasi Metode Steam Berbasis Media Film Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 3, no. 3 (2020): 266–274.

Nurhadi. “Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 2, no. 1 (2020): 13–10. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Nurjan, Syarifan. Psikologi Belajar. Revisi. Ponorogo: Wade Group, 2016.

Permanasari, Anna. “STEM Education: Inovasi Dalam Pembelajaran Sains.” Seminar Nasional Pendidikan Sains (2016): 23–34.

Prameswari, Titana Widya, dll. “STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years.” Efektor 7, no. 1 (2020): 24–34. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e.

Prameswari, Titania, and Anik Lestariningrum. “Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Efektor 7, no. 1 (2020): 24–34.

Purnamasari, I, D Handayani, and ... “Stimulasi Keterampilan HOTs Dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM.” Prosiding Seminar …, no. 2008 (2020). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/614/533.

Reswari, Ardhana. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ( HOTS ) ANAK USIA 5-6 TAHUN” 5, no. 1 (2021): 1–10.

Riyanto, Yatim. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2010. Sanaky, Hujair. Media Pembelajaran. Yogyakata: PT. Safira Insania Pres, 2009.

Sipil, Aparatur, and Negara Asn. MODUL BELAJAR MANDIRI CALON GURU TK / PAUD, n.d.

Sudjana, Nana. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Sinar, 1998.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). 10th ed. Bandung: CV. Alfabeta, 2018.

———. Metode Penelitian Kualitatif. 3rd ed. Bandung: CV Alfabeta, 2020.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. 28th ed. Bandung: CV Alfabeta, 2018.

———. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D Dan Penelitian Pendidikan. 3rd ed. Bandung: CV. Alfabeta, 2019.

Sutatro. “Teori Kognatif 5.” Islamic Counselling 1, no. 02 (2017): 1–26.

Sutisna, Icam, and Sri Wahyuningsi Laiya. Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, 2020.

Usman, Jamiludin, Danang Prastyo, Nina Khayatul Virdyna, Insitut Agama, and Islam Negeri. “Penguatan Satuan PAUD Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis STEAM Dalam Pendidikan Abad 21 Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang” 2, no. 2 (2020): 95–103.

Wayan Leniasih, Nyoman Dantes, I Made Candiasa. “IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN LONG TERM MEMORY DAN KEMAMPUAN DASAR

KOGNITIF E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha” 4, no. 1 (2014).

Winarni, Juniaty, Siti Zubaidah, and Supriyono Koes H. “STEM: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2016.

Zubaidah, Siti. “STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran Untuk Memberdayakan Keterampilan Abad Ke- 21.” Seminar Nasional Matematika dan Sains, no. September (2019): 1–18.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Abd. Hakim Naba, & Nirwana, N. (2021). Implementasi Metode STEAM Berbasis Media Audio Visual dalam Meningkatkan Aspek Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 79–90. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.359

Most read articles by the same author(s)